Nyeri pada saat berhubungan intim, apa penyebabnya?

ES Info Penanya: ES, Pria, 2019 Tahun
Selamat pagi dokSaya bertanya setiap hubungan intim dengan istri saya, istri saya selalu merasa kesakitan (peri pada virgin nya seperti ada yang sobek) sehingga saya bingung mau di bawah kemana. Sudah periksa kok masih saja terasa sakit pada virgin nya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ES

Terima kasih atas pertanyaannya.

Ada beberapa kondisi klinis yang menyebabkan nyeri saat berhubungan intim. Bisa saja ada gangguan atau iritasi kulit seperti eksim, penebalan kulit atau masalah kulit lainnya. Bisa juga karena infeksi dari jamur, infeksi saluran kemih atau infeksi menular seksual juga bisa menyebabkan nyeri saat berhubungan. Vagina yang kering dan kurang lubrikasi/foreplay bisa membuat tidak nyaman. Efek samping beberapa obat, gangguan kandungan seperti endometriosis atau trauma psikologis juga bisa berperan menyebabkan nyeri. Sedangkan pada wanita setelah menopause biasanya mengalami vaginitis atrofi yaitu penipisan lapisan vagina.

Sebaiknya anda lebih lama melakukan foreplay dan bisa juga mengunakan lubrikasi sintetis yang dijual bebas. Bila masalah belum teratasi, perlu pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk memastikan diagnosanya. Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh ES
26 Aug 2019, 06:01
Selamat siang dok foreplay itu apa dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri otot di sekitar bahu dapat timbul karena adanya peradangan otot, saraf terjepit, hingga dislokasi bahu

Penyebab di Balik Nyeri Bahu Ini Bisa Terjadi pada Anda

Nyeri pada bahu adalah gangguan otot yang bisa jadi bukan hanya sekadar rasa sakit biasa. Rotator cuff tendinitis, bursitis, arthritis hingga kondisi medis lain dapat menjadi penyebab nyeri pada bahu.