nyeri pada rahang dan sakit dibelakang telinga belakang

G Info Penanya: G, Pria, 39 Tahun
Ibu saya mengeluhkan rasa sakit di belakang telinga, dan merasa nyeri pda rahang saat untuk mengunyah, apa obatnya dok,Trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam G

Nyeri pada telinga bagian belakang disertai nyeri saat rahang saat menguyah dapat disebabkan beberapa kondisi diantaranya nyeri temporomandibula join/sendi TMJ, infeksi gigi geraham belakang dan infeksi pada telinga. 

Nyeri TMJ di daerah pipi membuat nyeri menjalar hingga ke telinga,  sering terjadi karena kebiasaan mengunyah di satu sisi saja, selain itu juga bisa tercetus akibat trauma, dislokasi sendi dan peradangan sendi. 

Saat sakit gigi akibat infeksi maupun radang pada telinga juga bisa terjadi nyeri mengunyah dan penjalaran nyeri hingga ke telinga.

Jika hanya disebabkan peradangan sendi TMJ, Biasanya dengan kompress dingin, mengistirahatkan mulut dengan mengunyah secara perlahan dan pemberian antinyeri NSAID dapat menyembuhkan penyakit ini. Saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter THT atau dokter gigi untuk evaluasi sumber nyeri pada rahang dan telinga anda. 

Salam sehat 

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sendi temporomandibular adalah tipe persendian yang terdapat pada rahang dan memegang peran penting dalam berbicara dan makan

Mengenal Sendi Temporomandibular, Tipe Persendian yang Terdapat pada Rahang

Sendi temporomandibular adalah tipe persendian yang terdapat pada rahang. Sendi rahang ini memegang peran penting dalam proses berbicara dan proses mengunyah makanan.