Nyeri pada miss v setelah buang air kecil, karena apa ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 20 Tahun
malam dok, mau tanya, saya itu selama 4 bulan ini sering mengalami sakit pada miss v setelah buang air, rasa sakitnya muncul beberapa detik sekali, itu kenapa ya dok? tolong dijawab ya, terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N.

Nyeri pada miss v atau vagina setelah buang air kecil (BAK) dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang umumnya berhubungan dengan infeksi. Hal ini berkaitan dengan saluran pengeluaran urine wanita yang relatif lebih pendek dan sangat berdekatan dengan lubang vagina.

Adapun berbagai penyebab nyeri vagina setelah BAK secara spesifik, yakni :

Mengenai keluhan nyeri vagina setelah BAK Anda mungkin disebabkan oleh infeksi saluran kemih ataupun infeksi pada vagina itu sendiri. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter yang umumnya akan meliputi pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan laboratorium urine serta pemeriksaan penunjang lainnya seperti USG jika diperlukan.

Sementara ini, Anda dapat memperbanyak konsumsi sumber probiotik seperti teh kombucha untuk memaksimalkan fungsi flora normal dalam memerangi bakteri penyebab infeksi. Anda juga perlu memenuhi kebutuhan cairan perhari (2,5 L untuk wanita) dan menghindari penggunaan cairan pembasuh vagina yang dijual bebas di pasaran.

Jika keluhan yang Anda alami memberat disertai demam, urine yang berwana keruh, nyeri pinggang, dan mual segeralah memeriksakan diri ke dokter Spesialis Urologi.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penis yang tidak disunat dapat meningkatkan risiko kanker penis

Tidak Mau Disunat? Siap-Siap Terkena Fimosis dan 3 Penyakit Penis Ini

Penis yang disunat maupun tidak, memiliki fungsi yag sama. Namun, penis yang tidak disunat akan memunculkan berbagai dampak negatif, salah satunya meningkatkan risiko kanker penis.