Nyeri pada lambung, maag atau tukak lambung?

IS Info Penanya: IS
Dokter, saya memiliki keluhan sering merasa nyeri di area lambung. Saya sempat berasumsi ini adalah maag, namun saya mengatur pola makan dengan baik. Kira-kira apa ya penyebabnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IS,

Sakit perut terutama di area lambung adalah gejala yang timbul karena gangguan pencernaan, gangguan organ yang ada di sekitar perut seperti pankreas, gangguan jantung, gangguan hati ataupun penyebab lainnya.

Gangguan pencernaan yang sering sendiri adalah penyakit maag, dimana jika tidak diatasi dengan baik bisa menimbulkan salah satunya tukak lambung atau adanya luka baik pada dinding lambung ataupun sampai pada usus.

Penyebabnya sendiri beragam seperti diantaranya:

  • Pola makan yang kurang baik, seperti sering melewatkan waktu makan
  • Mengonsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan pedas, asam, bersantan.
  • Mengonsumsi minuman yang mengiritasi lambung seperti kafein baik kopi, teh, cokelat atau soda
  • Sering mengonsumsi obat pereda nyeri tanpa anjuran dokter atau mengonsumsi jamu yang tidak diketahui kandungannya
  • Kondisi psikis seperti cemas dan stres

Gejalanya sendiri beragam tetapi sering kali jika tukak lambung memiliki gejala yang bisa timbul justru setelah makan, jadi apabila mengalami nyeri perut terutama setelah makan, merasa begah, kembung, sampai perut terasa tidak nyaman setelah makan maka baiknya dilakukan pemeriksaan.

Nantinya akan diketahui melalui pemeriksaan oleh dokter spesialis penyakit dalam dimana akan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti USG ataupun endoskopi untuk melihat kondisi saluran pencernannya.

Perbaiki juga pola makan, makan sedikit tapi sering, hindari pemicu gejala dan kelola stres dengan baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menelan permen karet tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan serius

Mitos atau Fakta: Menelan Permen Karet Berbahaya Bagi Tubuh?

Banyak mitos seputar menelan permen karet. Menelan permen karet memang bukanlah hal yang direkomendasikan. Tapi, bukan berarti hal ini bisa menimbulkan bahaya.