02 Dec 2020, 18:57Pernapasan

Nyeri dada kanan disertai sesak napas

NS
Info Penanya: NS0
Dok, dada kanan saya sering nyeri dok. Rasanya sakit sekali, beberapa bulan lalu sakitnya jarang dan sekali sakit cuma sekali. Tapi belakangan ini nyerinya sering 2 kali dok. Saya juga sering ngerasa sesak, susah nafas dok. Kenapa ya
220 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, NS.Nyeri dada kanan yang disertai dengan sesak napas kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit paru. Ada berbagai jenis penyakit paru dengan derajat yang berbeda-beda, mulai dari yang tidak membahayakan hingga cukup serius. Beberapa penyakit paru yang umum terjadi adalah:

1. Efusi Pleura

Kondisi ini terjadi akibat penumpukan cairan pada selaput paru, yang seharusnya tidak ada. Rasa nyeri seringkali dirasakan karena paru-paru tidak bisa mengembang sempurna saat menarik napas. Selain itu, sesak juga kerap dialami.

2. Tuberkulosis

Disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, penyakit tuberkulosis paru pada umumnya memberikan gejala batuk lebih dari dua minggu. Selain itu, gejala lain seperti sesak, nyeri dada, atau berat badan turun juga mungkin dialami.

3. Pneumonia

Pneumonia adalah kondisi peradangan pada bagian kantung udara paru, yang dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun virus. Selain nyeri dada, biasanya kondisi ini juga menyebabkan gejala lain seperti demam dan batuk. Selain penyakit paru, kondisi lain seperti gangguan ginjal, gangguan pencernaan, serta kecemasan juga mungkin menyebabkannya. Untuk memastikan, disarankan agar Anda melakukan pemeriksaan secara langsung kepada dokter spesialis paru.Lalu, hindari menghirup udara yang kotor, asap, debu, dan polusi, ya. Anda juga disarankan untuk mencoba mengonsumsi air jahe yang baik bagi saluran pernapasan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tbctuberkulosissesak napaspneumonia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil