Nyeri pada betis, paha dan telapak kaki dan gejala asam urat

NA Info Penanya: NA, Wanita, 2019 Tahun
Nyeri pada betis,paha dan telapak kaki di sebabkan oleh gejala penyakit asam urat???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NA

Penyakit asam urat terjadi akibat peningkatan asam urat hasil metabolisme tubuh, dimana kristal asam urat banyak tertimbun di sendi otot menyebabkan peradangan pada sendi jari kaki, mata kaki, telapak kaki dan tangan. Nyeri dapat disertai bengkak yang membuat sulit bergerak dan terkadang diikuti demam.

Peningkatan asam urat sering terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin seperti isi jeroan (hati,ampela), kacang-kacangan dan kurang mengkonsumsi air. Pada beberapa kondisi asam urat juga tinggi pada saat konsumsi beberapa jenis obat dan kelainan ginjal.

Saya sarankan anda untuk mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung asam urat, perbanyak minum air putih, olahraga. Yang paling penting dari asam urat mengubah pola hidup sehat dengan menghindari makanan dan faktor pencetus agar tidak kambuh. Anda juga harus mengistirahatkan kaki, kemudian  mengkompress dingin atau pemberian cream yang dingin pada kaki untuk mengurangi nyeri. Untuk nyeri juga dapat diberikan golongan obat NSAID dan penurun asam urat berdasarkan indikasi dari dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD). 

Salam Sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat asam urat di apotek membantu redakan nyeri tak tertahankan hingga pembengkakan.

Beragam Obat Asam Urat Ini Bisa Anda Temukan di Apotek

Beragam obat asam urat di apotek yang berguna menurunkan kadar asam urat dan mencegah serangan kembali, seperti OAINS, kortikosteroid, allopurinol, probenecid, dll.