Nyeri pada betis, paha dan telapak kaki dan gejala asam urat

NA Info Penanya: NA, Wanita, 2019 Tahun
Nyeri pada betis,paha dan telapak kaki di sebabkan oleh gejala penyakit asam urat???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NA

Penyakit asam urat terjadi akibat peningkatan asam urat hasil metabolisme tubuh, dimana kristal asam urat banyak tertimbun di sendi otot menyebabkan peradangan pada sendi jari kaki, mata kaki, telapak kaki dan tangan. Nyeri dapat disertai bengkak yang membuat sulit bergerak dan terkadang diikuti demam.

Peningkatan asam urat sering terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin seperti isi jeroan (hati,ampela), kacang-kacangan dan kurang mengkonsumsi air. Pada beberapa kondisi asam urat juga tinggi pada saat konsumsi beberapa jenis obat dan kelainan ginjal.

Saya sarankan anda untuk mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung asam urat, perbanyak minum air putih, olahraga. Yang paling penting dari asam urat mengubah pola hidup sehat dengan menghindari makanan dan faktor pencetus agar tidak kambuh. Anda juga harus mengistirahatkan kaki, kemudian  mengkompress dingin atau pemberian cream yang dingin pada kaki untuk mengurangi nyeri. Untuk nyeri juga dapat diberikan golongan obat NSAID dan penurun asam urat berdasarkan indikasi dari dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD). 

Salam Sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Radang sendi pada penderita asam urat dapat dicegah dengan menjaga pola makan

Apa Saja Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Boleh Dikonsumsi?

Radang sendi akibat penyakit asam urat atau gout arthritis merupakan kondisi yang cukup umum terjadi. Radang sendi akibat asam urat dapat ditangani dengan menjaga pola makan agar kadar asam urat dalam tubuh kembali normal. Salah satunya dengan tidak mengkonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi.