Nyeri saat haid apakah normal?

D Info Penanya: D
Malam dok,Nyeri otot pada tangan,kaki,leher,kepala pusing dan dada sesak berdebar debar saat haid apakah itu bahaya dan bagaimana cara menyembuhkan nya,dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi D,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Nyeri saat haid atau dalam istilah medis disebut dengan dismenorhea merupakan kondisi normal yang hampir dialami pada setiap wanita pada tiap bulannya. Nyeri ini muncul akibat kontraksi otot rahim, untuk melepaskan dan mengeluarkan lapisan dalam dinding rahim yang disebut endometrium. Kontraksi ini membuat pembuluh darah terjepit, sehingga pasokan oksigen ke rahim berkurang dan timbul rasa nyeri.

Gejala nyeri haid yang normal ditandai dengan keluhan kram, nyeri perut bagian bawah, nyeri di punggung bawah, mual atau muntah, sakit kepala atau pusing. Nyeri haid ini akan normal dan membaik pada hari-hari setelah menstruasi.

Namun jika nyeri haid tidak kunjung membaik, Anda harus memikirkan kondisi-kondisi nyeri yang di sebabkan oleh penyakit lain seperti :

  • Endometriosis
    Gangguan yang menyebabkan jaringan dinding dalam rahim justru tumbuh di bagian luar. Kadar hormon berlebih membuat jaringan bertumbuh tidak wajar, menebal, dan rusak.
  • Fibroid rahim
    Tumor jinak (nonkanker) yang sering muncul pada rahim saat masa subur wanita.
  • Penyakit radang panggul
    Infeksi pada organ reproduksi wanita.

Jika Anda mengalami nyeri haid yang sangat menggangu dan tidak tertahankan sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram

Ini Penyebab Sakit Perut Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Mengenali penyebab nyeri tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan cara mengatasinya.