Nyeri mata dan sulit membuka mata saat pagi

D Info Penanya: D, Pria, 40 Tahun
Dok mau nanya kalau kayak pagi pagi ga bisa buka mata kayak sakit sekali kayak lihat nusukk matanya kenapa ya terus enek apakah itu vertigo
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam D.

Terimakasih atas pertanyaannya, saya akan membantu Anda menjawab pertanyaan Anda.

Mata nyeri biasanya disebabkan oleh peradangan di daerah sekitar mata, namun kondisi lain juga dapat membuat nyeri pada mata. Untuk sulit membuka mata, bisa terjadi karena ada perlengketan di kelopak mata, atau mungkin fotofobia, atau mata akan nyeri setelah melihat cahaya. 

Beberapa gangguan pada mata yang dapat menyebabkan nyeri pada antara lain : 

1. Adanya peradangan atau infeksi dimata seperti keratokonjungtivitis atau peradangan pada kornea yang dapat menyebabkan nyeri pada mata, dan juga menimbulkan lendir pada mata sehingga mata kadang lengket dan bisa menyebabkan sulit membuka mata.

Selain itu adanya peradangan di kornea dapat menyebabkan kondisi fotofobia atau nyeri saat melihat cahaya, sehingga kadang sulit melihat cahaya secara langsung. Peradangan pada kornea juga dapat menyebabkan pandangan mata kabur karena kornea merupakan salah satu elemen refrakter pada bola mata. 

2. Gangguan refraksi pada mata :

  • rabun jauh/rabun dekat: pada rabun jauh obyek pada jarak jauh, akan menghasilkan bayangan pada mata yang dipusatkan tidak tepat pada retina. Sama dengan rabun jauh, pada rabun dekat obyek pada jarak dekat akan menghasilkan bayangan pada mata yang dipusatkan tidak tepat pada retina, sehingga membuat gambar yang dihasilkan oleh otak tidak fokus, pada kasus ini mata akan mencoba memusatkan bayangan pada retina dengan mengontraksikan otot silier mata agar bayangan dapat fokus di retina. Kerja otot silier mata yang berlebihan dapat menyebabkan rasa nyeri di mata dan juga sakit kepala karena otot pupil mata bekerja secara berlebihan 
  • silinder : pada mata yang mengalami silinder, obyek akan membentuk bayangan ganda di retina, sehingga otak akan sulit memfokuskan bayangan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan nyeri kepala pada saat mata mencoba memfokuskan obyek tersebut

3. Glaukoma yaitu penyakit pada mata yang ditandai dengan mata merah secara mendadak disertai nyeri hebat pada mata dan nyeri kepala, mual muntah, dan fotofobia. Penyakit ini disebabkan akibat tersumbatnya saluran ciran yang keluar dari bola mata, sehingga bola mata akan membesar dan dapat menekan saraf yang ada di belakang bola mata. 

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri pada mata antara lain 

  1. Hindari menggosok gosok mata Anda
  2. Apabila mata lengket oleh lendir di mata, bersihkan mata dengan air hangat
  3. Biasakan mencuci tangan setelah memegang mata Anda
  4. Hindari membaca, melihat monitor, atau menggunakan gawai dengan jarak sangat dekat dan dalam waktu yang lama.
  5. Jaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak Vitamin A dan Vitamin C seperti Wortel, tomat, berry, dan salmon.
  6. Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol
  7. Olahraga teratur
  8. Istirahat cukup
  9. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan mata Anda. 

Apabila Anda khawatir dengan keluhan Anda, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter umum atau ke dokter spesialis mata agar dapat diwawancarai lebih lanjut mengenai keluhan Anda dan juga dapat dilakukan pemeriksaan langsung pada mata Anda. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda.

Jika keluhan Anda tidak membaik atau mengalami perburukan seperti nyeri mata disertai kepala dirasa semakin hebat, nyeri mata hebat disertai mata merah secara mendadak, atau pandangan mata dirasakan semakin kabur dalam waktu yang cepat, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr.Sandy Aditya Pradana 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab mata merah yang tidak serius masih bisa diatasi dengan obat tetes mata dari apotek

Kenali Penyebab Mata Merah yang Paling Sering Terjadi

Mata merah umum dialami oleh siapa saja. Penyebab mata merah beragam, mulai dari sindrom mata kering sampai pecahnya pembuluh darah di mata atau perdarahan subkonjungtiva.