Nyeri lutut bagian belakang setelah berjalan lama karena apa?

GN Info Penanya: GN, Pria, 23 Tahun
Selamat malam dok, bulan desember lalu saya mengikuti kegiatan tracking. Namun saya memang tidak ada pemanasan seblum itu.Setelah selesai tracking, lutut belakang kaki kiri saya terasa nyeri setiap saya agak lama menekuk kaki saya, contohnya jika saya duduk lebih dari 10 menit, pada saat berdiri ada rasa nyeri di bagian belakang lutut kiri saya. Namun setelah beberapa saat berjalan sakit itu hilang. Dan muncul lagi saat ditekuk.Nyeri ini sudah berjalan 1 bulan lebih, terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore GN,

Nyeri di belakang lutut adalah gejala yang bisa timbul karena beberapa penyebab. Salah satu yang paling sering adalah karena cedera otot. Cedera otot sendiri bisa mulai dari ringan hingga berat dimana jika area nyerinya di belakang lutut sampai belakang paha bisa karena cedera otot hamstring.

Cedera sendiri bisa mulai dari hanya regangan berlebih, otot yang lelah, otot yang tertarik ataupun sampai terjadi robekan dari otot. Hal ini bisa dipicu salah satunya karena berjalan di permukaan yang tidak rata, kurang aktivitas fisik, kurang peregangan dan juga bisa dipicu oleh alas kaki yang kurang sesuai atau tidak nyaman.

Periksakan pada dokter untuk dipastikan apa yang menjadi penyebabnya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan seperti USG ataupun pemindaian dengan MRI jika diperlukan. 

Sementara bisa kompres bagian yang nyeri dengan kompres hangat dan dingin, konsumsi parasetamol jika nyeri, hindari aktivitas berat, dan gunakan pelindung lutut atau knee support untuk membantu mengurangi nyeri. Nantinya bisa juga dilakukan latihan khusus ataupun fisioterapi untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menyembuhkan hamstring tergantung pada tingkat keparahan cedera yang dialami

Wajib Tahu, 3 Opsi Cara Menyembuhkan Cedera Hamstring

Cedera hamstring adalah cedera yang biasa dialami oleh atlet olahraga, seperti sepakbola atau atletik. Cara menyembuhkan hamstring yang cedera tergantung pada tingkat keparahan cedera yang dialami. Perawatan sederhana dilakukan dengan metode RICE, penggunaan splint lutut dan terapi fisik, dan operasi pada cedera hamstring tingkat 3.