Nyeri lengan kiri sampai dengan leher dan sering meriang, apakah awal penyakit jantung?

AE Info Penanya: AE, Wanita, 2019 Tahun
Selamat malam dokter, Saya ibu rumah tanggasaya ingin bertanya. Tangan kiri saya sampai leher nyeri dok... Itu apakah bisa disebut awal penyakit jantung atau hanya kelelahan... Saya sudah periksa kata dokter hanya kelelahan saja... Dan badan saya juga suka meriang dok.. Itu aja pertanyaan dari saya. Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AEA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Gejala awal penyakit jantung yang paling utama adalah nyeri dada. Nyeri dada seperti ditekan di bawah tulang dada. Nyeri dada bisa menjalar ke lengan kiri, punggung, leher dan ulu hati. Kemungkinan kalau pada Anda selain kelelahan, bisa juga sedang tidak fit atau terkena infeksi. Infeksi kemungkinan dari virus karena badan Anda meriang, bisa juga disertai pegal linu.

Untuk mengatasinya Anda harus istirahat yang cukup, banyak minum air putih dan makanan yang bergizi. Untuk mengurangi nyeri bisa menggunakan salep dan obat nyeri yang dijual bebas di pasaran. Bila memang belum ada perbaikan sebaiknya melakukan pemeriksaan laboratorium dengan kontrol kembali ke Dokter Anda. Saya sertakan pula artikel mengenai gejala awal serangan jantung untuk referensi Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab nyeri otot paha umumnya dikarenakan kram otot atau keseleo

Tidak Hanya Kram Otot, Ini Beragam Penyebab Nyeri Otot Paha Anda

Kram otot adalah penyebab utama nyeri otot paha. Kondisi ini disebabkan karena otot terlalu sering dipakai sehingga otot menjadi tegang dan timbul rasa sakit.