Nyeri lambung, bagaimana mengobatinya?

ZA Info Penanya: ZA, Pria, 34 Tahun
Dok...Mhn pencerahannya, istri saya usia 30 thn, pernah diindikasikan maag akut, sampai saat ini lambungnya sering sakit, setelah makan terasa sesak nafas sampai ulu hati terasa tertekan, dan kalau dilihat perutnya seperti orang hamil muda, juga pinggulnya sampai kadang terasa sakit. Mohon pencerahannya kira2 istri saya sakit apa ya Dok, apa yang harus saya lakukan untuk langkah pertama. Obat apa yang kira2 bisa membantu istri saya Dok. Terima kasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ZA,

Nyeri perut adalah keluhan yang memiliki banyak penyebab. Mungkin istilah maag akut kurang dimana akut artinya adalah sedang terjadi serangan atau gejala sedang kambuh, jika sudah lama dan berulang kambuh dapat disebut dengan kronis.

Penyakit maag sendiri berkaitan dengan kebiasaan sehari-hari yang memicu asam lambung, jadi ada baiknya jika memperhatikan pola makan, pola istirahat, asupan makanan, dan juga perlu mengelola kondisi psikis seperti stres dan rasa cemas.

Jika timbul nyeri setelah makan, dapat juga timbul karena adanya luka atau tukak lambung. Jadi ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut.

Beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya seperti:

  • Perbaiki pola makan dengan makan sedikit tapi sering
  • Hindari makanan yang mengiritasi lambung seperti pedas, asam, bersantan ataupun minuman bersoda dan kopi
  • Minum antasida 15-30 menit sebelum makan
  • Kelola stres dengan baik

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebaiknya bawalah suplemen vitamin C ketika mudik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Tips Sehat Saat Mudik, Ini Daftar Obat yang Perlu Dibawa

Persiapkan obat-obatan ketika mudik. Daftar obat yang perlu dibawa yaitu obat mual, obat demam, suplemen vitamin C, obat untuk pencernaan dan obat maag.