Nyeri kepala sebelah belakang terutama saat telat makan, dirasakan setiap hari.

RA Info Penanya: RA, Pria, 46 Tahun
Selamat Siang Dokter.Saya Seorang Pria Usia 47thn.Saya sering sekali mengalami Sakit kepala Bagian Belakang utama nya di Sebelah kiri belakang saat saya Telat makan, dan setelah makan Saya harus Istirahat Tidur Walau sebentar untuk bisa hilang Sakit kepala saya.hal ini saya Rasakan Hampir setiap hari. Saya harus minum obat apa ya Dokter.Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RAM.

Nyeri kepala yang Anda rasakan, apakah terasa seperti diikat, tumpul atau ditekan? Apakah terasa juga di belakang leher? Kemungkinannya adalah nyeri kepala akibat stres. Bisa berlangsung selama beberapa menit sampai dengan beberapa hari. Selain nyeri kepala bisa mengakibatkan gangguan tidur, mudah lelah, mudah marah, sulit fokus, sensitif terhadap cahaya dan pegal otot. Berbeda dengan migrain, biasanya tidak ada gangguan penglihatan, sensitif terhadap cahaya, mual atau muntah. 

Biasanya dimulai dari belakang kepala dan menyebar ke depan. Kepala seperti diikat, mempengaruhi kedua sisi kepala, membuat otot leher, bahu dan rahang terasa pegal. Pemicunya adalah stres bisa dari tempat kerja atau di rumah. 

Untuk mencegahnya Anda perlu mencari kegiatan relaksasi, seperti olahraga, akupuntur, pijat atau meditasi. Hindari situasi yang membuat stres, olahraga yang teratur, tidur yang cukup, stop merokok, makan yang teratur dan kurangi alkohol.

Saat Anda kekurangan makan, kadar gula darah menjadi rendah dan akibatnya bisa menjadi sakit kepala. Setelah makan, glukosa membuat pembuluh darah otak menjadi lebih relaks sehingga tekanan berkurang. Saran saya, konsultasikanlah dengan dokter untuk memastikan tidak ada gangguan klinis yang menyebabkan sakit kepala Anda.

Saya lampirkan artikel mengenai Sakit Kepala Belakang? Ketahui 6 Penyebabnya! dan Jangan Sembarang Obat, Ini Cara Mengobati Sakit Kepala yang Tepat untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini