TANYA DOKTER

Nyeri kepala dan pusing tidak tertahan sejak SMA

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Andre Zaini

Selamat pagi, E

Thanks for the question.

Nyeri kepala dan pusing, akibat gangguan di kepala. Gangguan di kepala bisa karena aliran darah tidak lancar atau adanya gangguan keseimbangan. Aliran darah ke kepala sifatnya melawan gravitasi sehingga kalau dari posisi berbaring/duduk ke posisi berdiri jangan dilakukan dengan cepat. Karena bagi yang memiliki tekanan darah rendah, biasanya akan menjadi pusing. Begitu juga bila aliran darah kurang mengandung zat tertentu yang penting untuk otak seperti elektrolit dan glukosa. Sehingga mereka yang kekurangan cairan atau gula darah rendah (belum makan) bisa juga merasa pusing.

Pusat keseimbangan letaknya di kepala terutama di dalam telinga, sehingga bila telinga/hidung tersumbat bisa mengakibatkan pusing. Termasuk gejala vertigo seringkali akibat suatu masalah di telinga. Masalah ketinggian atau kedalaman seperti saat mendaki gunung atau menyelam juga bisa mengakibatkan pusing. Pada wanita juga tergantung pada siklus haid karena pengaruh hormon terhadap tekanan darah dan sebagainya. Faktor stres juga bisa mengakibatkan sakit kepala akibat peningkatan tekanan ke kepala.

Untuk mengatasinya anda perlu istirahat yang cukup, hindari stres dan makan yang sehat dengan teratur. Bila masih ada keluhan anda bisa konsultasi ke Dokter Spesialis Saraf.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

0 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

Kirim
Back to Top