TANYA DOKTER

Nyeri Kepala Berdenyut Seperti Gempa?

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Andre Zaini

Selamat Malam, SH

Nyeri kepala berdenyut saat sedang aktivitas atau hendak tidur. Apakah saat ini anda sedang dalam kondisi banyak tekanan di kantor? Atau aktivitas fisik seperti olahraga berat? Atau pola makan anda sedang dikurangi untuk menurunkan berat badan?

Dari deskripsi anda mengarah ke tension type headache, yaitu bentuk nyeri kepala yang paling sering terjadi. Bisa dari skala ringan yang hanya sesekali atau skala berat yang menganggu aktivitas sehari-hari. Penyebabnya terutama dari psikis, seperti emosi atau banyak pikiran. 

Tatalaksananya

Pengobatannya seringkali hanya bersifat simptomatis atau mengurangi gejala pada saat ada serangan. Anda bisa minum obat anti nyeri yang dijual bebas. Ada juga dengan kombinasi kafein. Tapi penggunaannya tidak boleh terus menerus karena efek sampingnya sakit kepala bisa muncul setelah obat dihentikan. Begitu juga obat kombinasi dengan penenang harus sesuai instruksi dokter anda agar tidak ketergantungan.

Karena nyeri kepala bisa jadi gejala kondisi serius sebaiknya diperiksa langsung oleh dokter terutama jika nyeri semakin berat, semakin sering atau tidak hilang-hilang. Bila disertai gejala mengantuk, bingung, demam, kaku di leher atau baal. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri, bisa juga disertai obat lain seperti penenang, anti kejang, dan lainnya tergantung kondisi penyakit anda.

Terapi alternatif seperti akupunktur, herbal, produk nutrisi, hipnosis, meditasi dan terapi perilaku kognitif juga tersedia. Walaupun belum banyak bukti penelitian yang mendukungnya.

Perawatan di rumah bisa dengan kompres panas atau dingin di kepala atau leher, menghindari penyebab stres dan makan yang teratur untuk menjaga kadar gula darah yang stabil. Olahraga yang teratur dan cukup istirahat dengan tidur yang teratur juga dapat mengurangi nyeri kepala, mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan secara umum.

 

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

0 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

Kirim
Back to Top