Nyeri kepala berat dan ingin tidur terus. Sering juga cemas dan jantung berdebar. Apa penyebabnya?

SR Info Penanya: SR, Wanita, 23 Tahun
Saya sering sakit kepala berat ingin tidur terus,sering cemas,dan jantung sering berdetak kencang
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SR

Anda mengalami gangguan kecemasan yang mengakibatkan suatu gejala pada tubuh anda. Penyebabnya paling sering akibat stres atau berada dalam tekanan berat. Tekanan bisa berasal dari pekerjaan, keuangan, masalah keluarga, masalah dengan pasangan, perceraian, putus hubungan, pindah rumah, pindah pekerjaan, kecacatan atau didiagnosa memiliki penyakit kronis.Terutama bila pernah mengalami gangguan psikis lain sebelumnya atau riwayat di keluarga, maka akan lebih mudah mengalami gangguan kecemasan.

Beberapa pemicunya seperti bicara di depan umum, terpicu suatu fobia yang dimiliki dan ketakutan akan mengalami serangan panik. Gejala fisik yang bisa timbul seperti sakit kepala, pegal dan nyeri badan, jantung berdebar-debar, atau banyak berkeringat. Nantinya akan menjadi faktor risiko tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung dan mudah terkena infeksi dan flu.

Hindari stres, konsumsi kopi berlebihan, alkohol, atau obat-obatan. Olahraga yang teratur dan melakukan latihan tertentu seperti latihan pernapasan, meditasi atau yoga. Anda juga dapat meminta tolong tenaga profesional atau mengikuti kelompok terapi dan organisasi tertentu untuk memberi dukungan kepada anda agar cepat sembuh.

Mengenal 6 Jenis Gangguan Kecemasan

Manfaat Kebiasaan Berolahraga Terhadap Stres dan Depresi

 Salam Sehat, dr. Andre Zaini
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa cemas dan takut yang dirasakan saat mengalami anxiety disorder

Apa Itu Anxiety Disorder? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anxiety disorder atau gangguan kecemasan adalah rasa cemas dan takut yang berlebihan terhadap sesuatu yang tidak perlu ditakutkan. Beberapa penyebab anxiety disorder adalah stres dan kondisi medis tertentu.