Nyeri kepala 3 jam setelah bermain futsal. Apa penyebabnya?

D Info Penanya: D, Pria
Mau tanya dokPada jam 9.00 Saya bermain futsal sampe kelelahan..setelah 3 jam kemudian saya baru merasakan sakit kepala yang makin lama makin sakit(setelah bangun tidur baru rasa sakitny mulai hilang)Nah dok,kalau boleh tanya,penyebabny apa ya , dan cara Menanganinya?Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, D

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri kepala setelah olahraga bisa terjadi saat atau sesudah olahraga dalam jangka waktu panjang dan intensitas yang berat. Beberapa olahraga yang paling sering menyebabkannya adalah berlari, sepakbola, tenis, berenang dan mengangkat beban. Bila hanya diakibatkan oleh aktivitas olahraga biasanya tidak berbahaya dan bisa menggunakan obat sakit kepala yang dijual bebas. Faktor resikonya adalah olahraga dalam cuaca panas, olahraga pada ketinggian dan faktor resiko penyakit migrain.

Bila disebabkan suatu kondisi klinis, bisa akibat ada masalah serius di dalam otak seperti perdarahan atau tumor. Bisa juga penyebab diluar otak seperti penyakit jantung koroner. Dan perlu perawatan segera.

Pada nyeri kepala primer, sifat nyerinya berdenyut, terjadi saat atau sesudah olahraga berat dan mempengaruhi kedua sisi kepala. Sedangkan nyeri kepala sekunder, ditambah dengan gejala muntah-muntah, penglihatan ganda, kaku leher dan hilang kesadaran. Karena itu sebaiknya Anda evaluasi lebih lanjut dengan Dokter untuk memastikan diagnosa Anda. Selain berolahraga beberapa pemicu sakit kepala bisa dibaca pada artikel ini.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala belakang dapat disebabkan oleh kerusakan saraf dan radang sendi tulang belakang

Sakit Kepala Belakang? Ketahui 6 Penyebabnya!

Sakit kepala belakang adalah gangguan yang menimbulkan rasa berdenyut dan seperti ditusuk-tusuk di kepala bagian belakang. Kondisi ini dapat berlangsung 30 menit hingga satu minggu. Penyebab sakit kepala belakang beragam.