Bagiaman cara menyembuhkan nyeri haid?

ES Info Penanya: ES
Dokter, saat awal2 haid saya sering nyeri heboh sekali, hingga mual muntah, pusing, seluruh tubuh gemeteran, sampai pinsan juga pernah. Apa solusinya ya dok? Terus saya juga mengonsumsi obat mefinal 500, apa berbahaya buat masa depan saya? Karena saya juga baru berumur 22th..terima kasih dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi ES,

Nyeri haid adalah kondisi yang timbul karena kontraksi dari otot rahim. Pemicunya sendiri bisa beragam bisa disebabkan oleh kontraksi otot rahim itu sendiri atau disebut dengan dismenore primer ataupun bisa dipicu oleh gangguan lain pada organ reproduksi seperti endometriosis, adenomiosis, tumor jinak seperti mioma dimana kondisi ini disebut dismenore sekunder.

Pada dismenore primer sendiri bisa disertai dengan rasa kram hebat, mual, diare, pusing, sakit kepala ataupun gejala lain pada hari pertama sampai ketiga menstruasi dan berkurang dalam 2-3 hari. Sedangkan pada dismenorea sekunder jarang disertai gejala tersebut. Pemicu kram dan ketegangan otot rahim sendiri disebabkan oleh kadar hormon prostaglandin yang tinggi saat haid dimana pada dismenorea primer tidak dipicu oleh gangguan kesehatan lain. 

Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa cara seperti lebih aktif bergerak bisa dengan berolahraga, mengompres bagian yang nyeri dengan air hangat, mengonsumsi makanan bernutrisi terutama yang mengandung vitamin E, B1, B6 dan juga omega 3 dan magnesium. Faktor kelelahan dan stres juga bisa memicu nyeri haid yang hebat untuk itu ada baiknya bisa mengelola stres dengan baik.

Obat nyeri sendiri bisa dikonsumsi dimana obat yang Anda gunakan mengandung asam mefenamat, tetapi baiknya tidak sering digunakan karena bisa memicu sejumlah efek samping seperti gangguan pencernaan, reaksi alergi, sakit kepala, gangguan pendengaran, dan lainnya. Jika keluhan masih sering timbul dan mengganggu maka perlu untuk dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.