16 Feb 2021, 18:34Kandungan

Apa yang menyebabkan nyeri haid dan mundur dari jadwal seharusnya ?

SB
Info Penanya: SB0
Dok saya mau nanya , kenapa haid saya mundur trus ya dok , kalau mundur tnnggal pasti hari pertama haid sakit perut dok , mual , kdang pusing jg.. , itu di sbabkan apa ya dok dan gmna cara mncgah.nya.. Trmksih
490 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, B.Nyeri saat haid sering dialami wanita. Nyeri haid dapat terjadi pada hari pertama hingga ketiga dimana haid keluar dalam jumlah yang cukup banyak. Nyeri haid dirasakan seperti keram dan melilit di perut sehingga wanita tidak dapat melakukan aktifitas sehari-hari. Nyeri haid juga dapat diikuti dengan emosi yang tidak stabil. Wanita cenderung menjadi lebih sensitif.

Apa yang menyebabkan nyeri haid dan mundur dari jadwal seharusnya ?

Nyeri haid yang disebut juga dengan disminorea adalah hal yang wajar karena tubuh mengeluarkan hormon prostalglandin dimana hormon ini menimbulkan rasa nyeri saat haid berlangsung. Namun nyeri haid yang teramat sangat saat menstruasi juga dapat disebabkan oleh gejala endometriosis dimana terjadi infeksi pada rahim.Siklus haid yang mundur dari jadwal seharusnya dapat disebabkan oleh gangguan hormon esterogen dan progesteron pada wanita akibat penggunakan alat kontrasepsi baik hormonal ataupun yang mengandung hormon progestereon saja seperti pil KB, suntik KB 3 bulan, dan implan. Selain itu gangguan siklushaid dapat disebabkan oleh metabolisme tubuh yang tidak baik pada wanita obesitas, malnutrisi, PCOS dan hipotiroid.Terapkan hidup sehat sejak muda hingga seterusnya agar badan kuat dan hormon menjadi stabil, sehingga siklus haid dapat menjadi teratur. Kontrol ke dokter spesialis kandungan jika haid sangat terasa nyeri hingga Anda tidak dapat beraktifitas.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
siklus haidkram menstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil