28 Nov 2020, 18:29Kandungan

Penyebab disminore yang tidak tertahankan

LA
Info Penanya: LA0
Hallo dok, kenapa yh sya suka nyeri kalau lagi haid nyeri banget gimana cara mengurangi nyeri Nyah dok biar gk nyeri lagi
149 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo LA, Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Batas ambang nyeri di setiap orang berbeda-beda. Jika Anda mempunyai batas ambang nyeri yang rendah, saat datang keluhan nyeri yang tidak seberapa menurut orang lain, namun dapat terasa lebih nyeri oleh Anda. Nyeri saat haid yang Anda arasakan dikenal dengan isitilah disminore

Penyebab disminore

Nyeri haid normal terjadi saat pengeluaran haid sedang banyak-banyaknya, yaitu pada hari pertama dan kedua. Namun jika nyeri ini sudah tidak tertahankan dan mengganggu aktifitas Anda, mungkin nyeri saat haid disebabkan oleh penyebab yang lain seperti :
  • Protalglandin yang lebih banyak
Prostalglandin adalah zat kimia yang diproduksi tubuh untuk membantu organ reproduksi seperti proses haid. Produksi prostalglandin yang lebih banyak ini membuat rasa sakit yang dialami juga lebih hebat.
  • Infeksi pada organ panggul
Infeksi pada organ panggul seperi rahim, ovarium, dan tuba falopi dapat membuat tubuh menghasilkan sel darah putih untuk melawannya. Hal ini dapat membuat nyeri pada organ tersebut.
  • Penggunan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR/IUD)
AKDR ini merupakan alat penghalang yang dimasukkan di dalam rahim untuk mencegah kehamilan, jika pemasang ini ilakukan dengan tidak benar, dapat menimbulkan luka, peradangan serta infeksi. Penggunaan AKDR ini jga dapat mneyebabkan nyeri serta pengeluaran haid yang lebih banyak.

Pentalaksanaan nyeri haid

Pentalaksanaan nyeri haid yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari terjadinya infeksi dalam rahim, dengan menjaga kebersihan orgam intim, pemasangan AKDR yang steril, kompres hangat pada perut, tarik nafas, lakukan olahraga yoga dan berenang untuk melatih oto-otot perut, seta konsumsi parasetamol untuk mengurangi rasa nyeri 3x1 seseuai dosis setelah makan.Jika nyeri haid yang Anda alami terus berlanjut, segera ke dokter kandungan untuk pemeriksaan dan penatlaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
siklus haidnyeri panggulkista ovarium
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil