Gatal-gatal setelah menggunakan pembalut, apa yang harus saya lakukan?

S Info Penanya: S
Dok.. Saya merasakkan nyeri & gatal2 di area mr V saya.. Asal mula ya haid saya sampai 1 bulan penuh.. Pembalut yg saya pakai sampai saya ganti2 krna iritasi kulit terjadilah selangkanganq timbul gatal2..sampai2 saya terganggu am bateri jamur.. Gmn ya dokter supaya gatel n nyeri yg saya ala
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Setiap wanita dalam usia subur akan mengalami haid secara teratur setiap 21-35 hari sekali. Saat haid, wanita akan menggunakan tampon atau pembalut untuk menampung darah yang keluar dari liang vagina. Pembalut biasanya terbuat dari kapas dan beberapa bahan tambahan lainnya. Pada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif, bahan-bahan pembalut tersebut bisa memicu iritasi.

Terkait pertanyaan Anda, gatal-gatal yang Anda rasakan kemungkinan besar dipicu oleh infeksi lanjutan setelah mengalami alergi pembalut. Tetapi, tidak menutup kemungkinan terjadi hal lain, misalnya infeksi jamur (tinea cruris) atau luka akibat gesekan kulit. Jika Anda ingin tahu penyebab pastinya, Anda bisa berkonsultasi juga kepada dokter spesialis kulit dan kelamin agar dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Untuk sementara, lakukan hal-hal berikut di rumah:

  • Jaga kebersihan area vagina dan selangkangan
  • Pastikan area vagina dan selangkangan tidak lembab
  • Gunakan bahan pembalut lain, misalnya pembalut tipis yang tidak mengandung kapas untuk mencegah iritasi
  • Konsumsi obat antihistamin yang dijual bebas sesuai dosis untuk mengurangi rasa gatal

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung tersumbat tapi tidak pilek mungkin ada kondisi kesehatan yang lebih serius

7 Penyakit yang Bisa Membuat Hidung Tersumbat, Walau Tidak Pilek

Hidung tersumbat sering dikaitkan dengan pilek atau flu. Namun, ada beberapa penyakit yang juga ditandai dengan hidung mampet. Ada 7 penyakit yang bisa sebabkan hidung tersumbat tidak pilek.