27 Nov 2020, 14:38Infeksi

Nyeri di telinga apa karena infeksi?

MW
Info Penanya: MW, Wanita, 20 Tahun
Dok apakah telinga saya mengalami infeksi? Saya mempunyai keluhan tentang seringnya nyeri telinga saya yg selalu berdenyut, dan itu membuat saya tidak tahan karena sakitnya, dan nyerinya langsung ke sakit ke kepala dibagian kiri saya hampir mendekati tulang pelipis saya. Saya mengalami ini semenjak saya mengguanakn headset gaming dan sejak itu saya mulai merasakan sakit di telinga saya
201 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi MW,Telinga adalah salah satu bagian tubuh yang cukup vital karena selain berfungsi sebagai indera pendengaran juga berfungsi sebagai pusat keseimbangan tubuh. Gangguan-gangguan yang muncul pada telinga seringkali berupa keluhan keluarnya cairan dari telinga, nyeri telinga, pusing, menurunnya fungsi mendengar, dll.

Beberapa kemungkinan penyebab nyeri telinga Anda adalah:

  • Terlalu sering menggunakan headset dalam waktu lama dan terus menerus. Paparan volume suara yang kencang dan terus menerus dapat menyebabkan gangguan pada telinga. Keluhan nyeri ini seringkali muncul pada orang-orang yang sering menggunakan headset atau earphone misal pada pegawai customer service, bermain game, mendengarkan lagu, dll.
  • Infeksi telinga dalam (otitis media akut). Selain nyeri, bila infeksi ini dibiarkan maka akan menimbulkan keluhan keluar cairan dari dalam telinga.
  • Robeknya gendang telinga.
  • Kerusakan saraf telinga.

Yang perlu Anda lakukan saat ini untuk meredakan nyeri telinganya adalah:

  • Sementara waktu hindari penggunaan headset atau batasi penggunaan headset selama 30 menit kemudian telinga diistirahatkan dulu.
  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya sesaat.
  • Lakukan pijatan ringan di bagian kepala.
  • Kompres telinga menggunakan air hangat.
Bila pemakaian headset sudah dibatasi namun masih muncul keluhan nyeri telinga, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter THT untuk memastikan kondisi telinga Anda. Karena bila keluhan nyeri ini dibiarkan maka bisa menyebabkan menurunnya fungsi pendengaran.Salam sehat,dr. Vina
gendang telinga pecahinfeksi telingaradang telinga tengah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil