Nyeri perut bawah, apa penyebabnya?

GC Info Penanya: GC
sudah 4 hari ini saya nyeri di bagian perut bawah, saya juga buang angin terus atau sendawa.. dalam aplikasi tracker, 6 hari lagi seharusnya jadwal sama menstruasi.. tapi sebelumnya saya tidak pernah nyeri sebelum mens (biasanya nyeri pada saat mens saja), dan saat ini nyerinya tidak senyeri saat mens (lebih nyeri saat mens).. apakah ini wajar dan tidak kenapa2?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, GC.

Nyeri adalah sensasi tidak nyaman yang bisa dirasakan oleh siapa saja. Nyeri bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, dari skala ringan sampai berat. Nyeri bisa menetap ataupun hilang timbul. Penyebab nyeri juga bervariasi, bisa dari organ yang dekat lokasi nyeri atau bisa juga dari organ lain yang nyerinya menjalar.

Terkait keluhan Anda, nyeri perut bawah memang salah satunya bisa disebabkan oleh PMS (Pre Menstrual Syndrome), yang disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi sebelum menstruasi tiba. Tetapi, selain itu, nyeri perut bawah juga bisa disebabkan oleh infeksi kandung kemih, usus buntu, atau kista ovarium. 

Sementara, Anda dapat mencoba mengompres bagian yang nyeri dengan handuk hangat, sambil menunggu jadwal menstruasi Anda datang. Jika nyeri memberat dan terasa menusuk, sebaiknya segera diperiksakan kepada dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti laboratorium atau USG untuk mengetahui penyebabnya, kemudian akan memberikan penanganan yang tepat.

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa pilihan obat sakit perut anak sesuai dengan gejala dan penyebabnya

Obat Sakit Perut Anak yang Efektif Sesuai Gejala dan Penyebabnya

Saat anak mengalami sakit perut, umumnya orangtua akan memberinya obat sakit perut anak. Namun, sebaiknya Anda kenali gejala dan penyebab terlebih dahulu, agar dapat memilih obat sakit perut anak yang tepat.