Nyeri di labia minor saat berhubungan seksual

MD Info Penanya: MD, Pria, 19 Tahun
Hai dok, Saya ingin bertanya.Rasa sakit di bagian labium minor saat berhubungan dan setelah berhubungan intim itu knapa dok?Mohon penjelasannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MD,

Nyeri di vagina saat berhubungan seksual bisa disebabkan oleh beragam penyebab diantaranya seperti vagina yang kering, otot vagina yang kaku atau tegang atau disebut vaginismus, adanya infeksi dan peradangan di vagina, adanya luka atau iritasi, kelainan bentuk anatomi vagina misalnya pada selaput dara, atau penyebab lain di area sekitar organ kewanitaan. 

Rasa nyeri vagina yang terjadi saat berhubungan seksual juga bisa dipengaruhi oleh kondisi psikologis seperti rasa cemas ataupun tegang saat berhubungan seksual, untuk itu ada baiknya bisa berkomunikasi dengan pasangan agar bisa mengurangi kecemasan dan tidak terburu-buru melakukan penetrasi.

Beberapa upaya lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri saat berhubungan seksual diantaranya adalah:

  • Melakukan pemanasan atau foreplay lebih lama
  • Melakukan hubungan seksual dengan tidak terburu-buru
  • Menggunakan kondom atau pelumas tambahan terutama jika penetrasi sulit dilakukan dan vagina kering
  • Melakukan komunikasi dengan pasangan agar menghilangkan tegang ataupun rasa cemas

Untuk itu perlu diperhatikan hal apa yang memicu rasa nyeri tersebut, dan jika tidak juga membaik bisa coba dilakukan penanganan dengan memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk menilai apa yang jadi pemicunya.

Apabila ada gangguan kecemasan atau kondisi psikologis yang jadi penyebabnya juga bisa berkonsultasi pada dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater untuk mengatasi masalah saat berhubungan seksual tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fast food memengaruhi rasa sperma menjadi pahit

Tak Hanya oleh Makanan, Rasa Sperma Dipengaruhi Beragam Faktor

Menurut pengakuan beberapa orang, sperma mempunyai beragam rasa, mulai manis, asin, hingga pahit. Perbedaan rasa sperma disebabkan sejumlah faktor, salah satunya makanan.