Nyeri di daerah jantung sampai tulang bahu, kepala ringan, mual mau muntah. Apa yang harus dilakukan?

T Info Penanya: T, Wanita, 21 Tahun
Dok,saya mw nanya,sejak Hari rabu mlam jantung saya terasa skit awalnya hilang timbul gtu tapi lama lama rasanya kayak ketusuk gtu sakitnya sampai tulang bahu blkang,trus aq coba nahan tapi Hari ini tadi Siang,aq ngerasa gak enak bngetsss,kepala rasanya ringan Kali kayak serasa mau tumbang gtu badannya trus mual mau muntah gtu sma skit dibagian leher kayak berat ketekan gtu tapi uda agak mendingan skarang,tapi nyeri dadanya masih Ada walau uda gak sesakit tadi,apa aq masih harus cek ke Dokter Lagi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, T

Terima kasih atas pertanyaannya.

Keluhan yang anda gambarkan kemungkinan berasal dari lambung, mual dan mau muntah kemudian menjadi nyeri di daerah dada. Kumpulan gejala dispepsia seperti nyeri terbakar pada perut atas (heartburn), sakit ulu hati, kembung, bersendawa, buang angin, mual atau muntah.

Tapi gejala dispepsia bisa juga gejala sakit jantung, walaupun pada wanita sebelum menopause kemungkinannya sangat kecil mengalami serangan jantung. Orang yang terkena serangan jantung umumnya menggambarkan nyeri pada dada kiri seperti ditindih benda berat. Selain di dada kiri, nyeri juga dapat menjalar ke arah leher, rahang, punggung bagian atas, atau kedua lengan. Nyeri biasanya mereda dengan istirahat. Selain itu bisa juga timbul mual, nyeri ulu hati, sesak nafas, heartburn, pusing serta ingin pingsan.

Cara membedakan gangguan pencernaan dengan jantung adalah :

  • nyeri timbul setelah makan, bertambah jika berbaring
  • nyeri berkurang setelah minum obat lambung
  • tidak disertai sesak nafas atau keringat dingin
  • perut begah dan mengandung gas, mudah bersendawa / buang angin

Selain itu juga ada yang disebut serangan panik yang bisa memberi gejala yang sama untuk gangguan pencernaan dan jantung. Berikut artikel mengenai gejala serangan panik. Untuk memastikannya sebaiknya anda konsultasi dengan Dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala maag yang parah harus ditangani dengan obat maag dengan konsultasi dokter.

Sebelum Jadi Parah, Jangan Abaikan Ciri-Ciri Maag Ini

Ciri-ciri maag berupa muntah, mual, rasa sakit di perut bagian atas, kembung, kurangnya nafsu makan, dan cegukan. Mengobati maag harus dengan obat maag dengan diagnosis dokter.