Apasajakah penyebab rasa neyri pada payudara?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
selamat malam dok, maaf saya mau nnya dok, puting payudara saya kok terasa nyeri dan saat di tekan keluar air bewarna putih ya dok, itu knpa ya dok? hnya puting nya saja yang nyeri dok seperti tegang jika di pegang?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Nyeri bisa dirasakan pada sleuruh area tubuh tanpa terdekcuali. Nyeri pada area payudara bisa disebabkan mulai dari adanya masalah pada otot-ototo dada sekitar payudara atau karena adanya masalah pada payudara. Nyeri pada area payudara dalam istilah medis sering disebut dengan istilah mastalgia.

Adapun beberapa nyeri pada payudara adalah:

  • Adaya pengaruh pada organ reproduksi (seprti saat menejlang haid, asa subur atau sedang hamil)
  • Adanya permasalahan hormon yang tidak seimbang
  • Ukuran payudara yang besar
  • Adanya infeksi (seperti pada mastitis)
  • Adanya abses payudara
  • Adanya kanker / tumor pada payudara

Terkait dengan keluhan Anda, perlu dipastikan penyebabnya dengan dilalakukan pemeriksaan fisik agar mendapatkan diagnosa pasti penyebabnya. Beberapa saran tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin melakukan sadari, lakukan kompres hangat pada area payudara yang nyeri, konsumsi makanan bergizi siembang, jaga keberishan area payudara, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, dan lakukan olahraga ringan.

Bilamana terdapat bejolan pada payudara, atau rasa nyeri tidak membaik dalam waktu lebih dari 3 hari segera periksakan ke dokter spesialis bedah terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunang bila diperlukan agar dapat memberikan terapi yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab payudara nyeri tidak selalu kanker

Bukan Selalu Kanker, Ini 5 Penyebab Umum Payudara Nyeri

Nyeri pada payudara dapat membuat Anda berpikir tengah mengidap penyakit mematikan. Padahal, penyebab umum payudara nyeri tidak selalu kanker.