24 May 2021, 19:32Penyakit Lainnya

Nyeri area tulang selangka, bagaimana mengatasinya?

MT
Info Penanya: MT0
Dok, hampir 2 minggu di area luar tulang selangka kiri (atas dada) nyeri dan seperti di tusuk-tusuk dok. Namun saya tidak merasakan sakit penyerta lain seperti sesak, demam, batuk. Bahkan saturasi oksigen dan nadi saya jika di cek setiap hari dalam kondisi normal. Itu kira-kira kenapa ya dok? Apakah tulang selangka termasuk bagian dada? Dan bagaimana cara mengatasinya dok? Rasa nyerinya seperti di luar tulangnya. Apakah meskipun oksigen dan nadi normal bisa saja terkena penyakit serius?
1171 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Tulang selangka tidak termasuk bagian dada, tulang selangka atau tulang klavikula merupakan penghubung tulang dada di bagian tengah dengan bahu, karena bentuknya yang menonjol maka tulang ini seringkali mengalami patah bila terjadi trauma pada kecelakaan. Jika Anda merasakan nyeri pada daerah sekitar tulang ini, nyeri dapat disebabkan oleh kelelahan otot maupun peradangan.

Nyeri tulang selangka

Coba diingat terlebih dahulu apakah sebelum nyeri, Anda memiliki riwayat benturan atau cedera di area bahu atau tidak. Selain itu, untuk memastikan penyebab nyeri perlu Anda rasakan apakah ada keluhan lain misalnya pada area bahu atau bagian dada. Jika keluhan terutama dirasakan memburuk saat menggerakan tangan atau leher maka keluhan lebih disebabkan oleh otot. Namun keluhan juga dapat terjadi jika Anda memiliki kebiasaan membawa beban berat atau posisi tidur yang kurang nyaman sehingga terjadi keluhan nyeri.Untuk menangani nyeri, Anda dapat melakukan kompres bagian yang nyeri menggunakan kompres dingin untuk meredakan keluhan. Selain itu jika kompres tidak dapat mengatasi nyeri, Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yaitu paracetamol dan lakukan pemeriksaan ke dokter tulang untuk memastikan penyebab nyeri.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
masalah tulangnyeri ototkesehatan tulang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil