23 Dec 2020, 23:07Kandungan

Nyeri vagina, apa saja penyebabnya?

AA
Info Penanya: AA0
Malam dok, Saya mau tanya, beberapa hri lalu saya melakukan hubungan suami istri. Setelah berhubungan, saya merasakan nyeri, dan perih di vagina saya. Biasanya rasa nyeri itu hilng esok harinya. Tpi ternyata saya merasa nyeri di luar dan dalm lubang vagina sya selama beberapa hari, saya blm sempat ke dokter dan saya coba minum obat ampisilin. Nyerinya berkurang, hanya saja nyeri itu masih ada di kiri bawah di bagian dlam. Kita" knp ya dok, apa ada bahaya lain ?
429 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, AA.Nyeri pada vagina adalah sebuah kondisi yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada kaum wanita. Nyeri ini dapat timbul setelah berhubungan intim, seperti yang Anda alami, terutama pada pasangan yang baru menikah. Nyeri juga dapat timbul apabila hubungan intim dilakukan tanpa pemanasan terlebih dahulu, sehingga vagina cenderung kering karena belum ada pelumas alami yang keluar.Tetapi, apabila pada kondisi Anda nyeri tidak hilang setelah beberapa hari, padahal Anda tidak melakukan hubungan intim lagi, maka ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya, seperti:
  • adanya luka atau lecet pada vagina
  • kondisi infeksi, misalnya karena jamur atau bakteri
  • polip vagina
  • penyakit radang panggul
Untuk sementara, disarankan agar Anda mengompres vagina dengan handuk dingin untuk meredakan nyeri. Kenakan pakaian dalam yang longgar dan berbahan menyerap keringat, agar vagina tidak terlalu lembab serta tergesek-gesek. Pastikan juga untuk senantiasa menjaga kebersihan dengan membasuh vagina setelah buang air.Mengenai obat ampicillin yang Anda konsumsi, apabila Anda mendapatkannya bukan dari dokter, sebaiknya gunakan selama tiga hari (untuk mencegah resistensi) selanjutnya hentikan. Hindari untuk mengulangi konsumsi obat ini tanpa resep di kemudian hari, karena ampicillin termasuk ke dalam golongan keras dan dapat memicu resistensi antibiotik di masa depan. Pun, ampicillin tidak akan berpengaruh banyak terhadap nyeri vagina Anda, kecuali apabila sumber nyerinya adalah bakteri yang sensitif dengan obat tersebut.Apabila keluhan tidak membaik selama satu minggu, atau ada keputihan abnormal yang dialami, atau muncul perdarahan di luar masa haid, periksakan kondisi Anda kepada dokter kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kesehatan organ intimkelamin perempuanorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil