21 Sep 2020, 09:40Perut

Apakah rebusan jintan hitam dapat membuat perut bawah dan kemaluan nyeri?

JT
Info Penanya: JT0
Dok, saya laki2.. mau tnya knp tiap pagi saya selalu nyeri di bagian bawah pusar dan kemaluan? Sebelumnya saya sering minum rebusan jinten hitam.. apa itu pengaruh?
2815 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, JF.Jintan hitam, atau dikenal juga dengan habbatussauda, adalah jenis biji-bijian yang sering digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional. Jintan hitam mengandung senyawa antioksidan dan antiradang, yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaatnya seperti menjaga kesehatan kulit, membantu mengobati penyakit autoimun seperti rematik, meningkatkan kesuburan pria, serta menjaga kadar gula darah agar senantiasa stabil.Sedangkan nyeri bagian perut bawah dan kemaluan bisa disebabkan oleh gangguan pada organ-organ yang terdapat di sekitarnya, misalnya konstipasi, infeksi atau batu kandung kemih, hernia, ataupun peradangan prostat. Biasanya, gejala dapat disertai dengan keluhan lain, seperti gangguan berkemih, mual, atau muntah.Mengenai pertanyaan Anda, sampai saat ini, jumlah penelitian yang ada belum cukup banyak untuk mengetahui hubungan jintan hitam dengan nyeri pada perut bawah dan kemaluan. Akan tetapi, mengonsumsi jintan hitam secara berlebih diduga dapat memicu gangguan ginjal dan hati. Selain itu, kondisi alergi atau intoleransi jintan hitam juga dikhawatirkan memicu keluhan-keluhan kesehatan lainnya.Untuk sementara, lakukan hal-hal berikut agar nyeri dapat berkurang:
  • Memperbanyak makanan bergizi dan imbangi dengan air putih yang cukup
  • Mengompres perut bagian bawah dengan handuk hangat
  • Menghindari penggunaan celana dalam yang ketat, karena bisa memicu tekanan pada perut atau kemaluan
  • Mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas, misalnya parasetamol sesuai dosis
Apabila tak kunjung membaik, atau muncul benjolan pada perut maupun selangkangan, segera periksakan kondisi Anda lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam, ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
sakit perutperutherbal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil