26 Jun 2020, 22:26Pernapasan

Apa saja gejala COVID-19?

FT
Info Penanya: FT0
Dok....Saya 4 hari ini mengalami sariawan, dinding mulut sebelah kiri tergigit. Efek sariawan, muncul benjolan di bawah rahang kiri. Terasa agak nyeri, termasuk nyeri saat di raba. Sudah 3 hari muncul rasa tidak nyaman di tenggorokan. Termasuk rasa sangat menggangu saat menelan. Rasanya ada luka di kerongkongan. Saat saya lihat dg senter di kaca, tidak tampak luka. Hanya apa memang tampak agak putih di rongga mulut hingga tenggorokan dalam itu wajar? Apakah yg saya rasa menjurus ke Covid'19?
16567 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, FT.COVID-19 atau Corona Virus Disease 2019 adalah sebuah penyakit yang ditemukan pada tahun lalu. Penyakit ini disebabkan oleh virus SARS-nCoV-2, yaitu jenis Coronavirus terbaru. Dimulai dari China, kini penyakit tersebut sudah menyebar ke banyak negara dunia, termasuk Indonesia.Sampai hari ini, sudah ada puluhan ribu orang yang terinfeksi di berbagai propinsi Indonesia. Ada yang sembuh, masih dalam perawatan, maupun meninggal. Hal ini disebabkan oleh respon kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Pada seseorang dengan kekebalan tubuh kuat, tubuh akan mampu melawan virus tersebut. Sebaliknya, orang dengan kekebalan tubuh lemah akan lebih sulit untuk melawan virus, dan mengalami gejala yang berat.

Beberapa gejala yang dialami penderita COVID-19 adalah:

  • Batuk, biasanya batuk kering
  • Demam di atas 38 derajat celcius
  • Sesak napas
  • Nyeri tenggorokan
  • Bersin-bersin
Tetapi, perlu diingat, gejala tersebut juga bisa disebabkan oleh penyakit lain, seperti influenza, infeksi bakteri pada saluran pernapasan, maupun kondisi alergi. Oleh karena itu, kondisi sakit tenggorokan yang Anda alami bisa saja merupakan salah satu dari kondisi di atas. Lalu, benjolan di bawah rahang kemungkinan besar adalah peradangan kelenjar getah bening akibat infeksi tersebut.Untuk memastikan, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis paru, ya. Tetapi, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri dulu di rumah selama 14 hari, sambil mengonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup agar kekebalan tubuh meningkat. Konsumsi juga vitamin C, dan berjemur di bawah matahari agar tubuh dapat memproduksi vitamin D. Jika saat isolasi mandiri gejala memberat, barulah periksakan ke dokter atau hubungi nomor telepon 119 ext. 9. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
radang tenggorokansakit tenggorokancoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil