Nyeri dan kaku di jari tangan dan pergelangan tangan setiap habis bangun tidur. Apa penyebabnya?

AR Info Penanya: AR, Pria, 41 Tahun
siang dokter,saya merasa nyeri,dan kaku di jari tangan dan di pergelangan tangan setiap habis bangun tidur,gejala apakah yang saya rasakan?mohon minta petunjuk nya dokter,dan obat apakah yang harus saya minum terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AR

Kekakuan anda bisa akibat peradangan di otot dan sendi, seringkali akibat olahraga, aktivitas berat atau mengangkat beban. Bisa juga terjadi kaku karena terlalu lama tidak digerakkan seperti saat baru bangun tidur atau berdiri setelah duduk terlalu lama.

Penyebab paling sering adalah otot yang keseleo atau cedera, selain kaku bisa juga terasa nyeri, kemerahan, bengkak, memar dan gerakan yang terbatas. Bisa juga akibat radang dari infeksi. Sebaiknya anda konsultasikan langsung dengan dokter dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti laboratorium darah untuk mencari tahu penyebabnya.

Anda juga perlu istirahat yang cukup, terutama daerah yang terasa nyeri. Kemungkinan banyak minum dan makanan bergizi terutama sayuran dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh anda.

Lebih jelasnya bisa dibaca di artikel, Kenali Penyebab Nyeri Sendi yang Umum Terjadi dan Berbagai Pengobatan Nyeri Sendi yang Bisa Menjadi Pilihan Anda untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Asam urat yang tinggi dapat mengakibatkan penyakit sendi

Ketahui Nilai Normal Asam Urat Dalam Darah

Nilai normal asam urat untuk laki-laki adalah di bawah 8.0 mg/dL, sedangkan untuk perempuan 6.1 mg/dL. Asam urat yang tinggi dapat mengakibatkan penyakit sendi.