Nyeri dada tiba-tiba pada wanita

ED Info Penanya: ED, Wanita, 2019 Tahun
Dokter,saya ingin bertanyaSaya sering mengalami sakit dada khususnya dibagian kiri,rasanya seperti tertusuk kemudian saat mengalami nyeri itu jantung saya berdetak dengan cepat dan setelah itu terkadang saya mengalami sesak nafas,sakit ini sering muncul tiba tiba tanpa sebab,terkadang saya juga mengalami sakit dada dibagian kanan,ataupun rasa sakit ketika menarik nafas,dan sebenarnya saya sudah cukup lama merasakan sakitnya tapi saya terlalu takut untuk mengecek langsung kedokter.Tolong berikan jawaban,terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, ED

Nyeri dada kiri, seperti ditusuk-tusuk, kemudian berdebar-debar sampai dengan sesak memang mengarah ke gangguan pada jantung. Bila periode keluhan lebih dari 20 menit tanpa henti, ada baiknya segera diperiksa ke Dokter di IGD.

Pada wanita dalam usia produktif dan menstruasi teratur, faktor resiko sakit jantung lebih kecil dibanding wanita paska menopause.

Penyebab lain dari nyeri dada, misalnya sakit dada setelah berolahraga atau aktivitas fisik bisa dikarenakan otot. Cara mengatasinya dengan salep atau kompres es dibungkus handuk/kain.

Selain itu faktor emosi akibat stres atau cemas juga bisa menyebabkan serangan panik yang memiliki gejala yang serupa.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Serangan jantung bisa ditandai dengan nyeri dada seperti ditekan

Sakit Dada Bukan Satu-satunya Gejala Awal Serangan Jantung

Banyak penderita serangan jantung sebetulnya mengalami gejala-gejala awal, yang muncul beberapa waktu sebelum serangan benar-benar terjadi. Karenanya, gejala awal serangan jantung perlu dikenali dengan cermat supaya bisa ditangani secepatnya.