Nyeri dada tengah, apakah harus diperiksakan ke Rumah Sakit ?

DF Info Penanya: DF, Wanita, 21 Tahun
malam dok, saya ingin bertanya. beberapa hari kemarin setiap malam sebelum tidur dada saya terasa nyeri dibagian tengah apabila tidur menghadap ke samping namun pagi harinya sudah tidak terasa nyeri. lalu kemarin malam hal tsb terasa juga, namun sampai sekarang masih terasa nyeri bahkan saat menarik nafas dalam, menguap, batuk, dan berpindah posisi. apakah saya harus memeriksanya ke rs?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DF.

Nyeri dada tengah dapat berupa gejala dari  kondisi medis tertantu pada organ dalam rongga dada ataupun struktur pembentuk dinding dada. Umumnya nyeri dada terbagi menjadi nyeri dada kiri dan kanan, karena umumnya berkesesuaian dengan letak organ dalam rongga dada. Maka untuk nyeri dada tengah biasanya dapat dipengaruhi oleh kedua lokasi nyeri tersebut.

Beberapa kondisi medis spesifik yang dapat  menimbukan nyeri dada tengah, diantaranya ialah :

  • gangguan pada sistem pencernaan : GERD, konsumsi makanan atau minuman yang mengiritasi lambung, kurang cairan atau dehidrasi
  • gangguan jantung dan pembuluh darah : angina, gangguan katup jantung, ganggguan irama jantung, gangguan pada selaput pembungkus jantung (perikarditis) dan lain-lainnya
  • gangguan paru-paru : infeksi paru dan jaringan pembungkus paru (pleuritis), serta gangguan paru lainnya
  • gangguan pada otot dada : cedera, peregangan berlebih
  • gangguan pada tulang rawan dan tulang rusuk dada, seperti kostikondritis

Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin dipicu oleh salah satu kondisi medis diatas. Namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaanlebih lanjut. Jika memang sudah dialami cukup lama, ada baiknya diperiksakan ke Rumah Sakit seperti yang Anda pertanyakan karena dikhawatirkan merupakan keadana yang perlu penananganan lebih lanjut seperti pleuritis atau radang pada jaringan pembungkus paru. Adapun kondisi medis yang dipicu oleh gangguan pada sistem pencernaan khususnya GERD juga membutuhkan pengobatan lebih lanjut untuk meredakan keluhannya.

Untuk saat ini hindarilah aktivitas yang berat dan cukupilah kebutuhan cairan perhari (2,5L/hari) serta konsumsi makanan yang sehat secara teratur. Jika keluhan semakin memberat dalam beberapa hari kedepan, segeralah memeriksakan diri.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DF
04 Sep 2020, 15:12
baik, terimakasih banyak dok atas informasinyaa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
05 Sep 2020, 07:06
Selamat pagi, DF.
Bila terapat pertanyaan lain seputar kesehatan, bisa menagajukan pertanyaan kembali pada forum sehatQ.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kapasitas total paru-paru bisa dihitung dengan alat bernama spirometer.

Pentingnya Kapasitas Total Paru-paru untuk Kesehatan Manusia

Kapasitas total paru-paru seringkali digunakan sebagai data tambahan untuk menentukan diagnosis penyakit tertentu, seperti PPOK dan asma. Pemeriksaan ini dilakukan menggunakan alat bernama spirometer oleh dokter spesialis paru.