22 Jun 2021, 17:23Jantung

Nyeri dada setiap saat, maag akut atau serangan jantung ?

SK
Info Penanya: SK, Pria, 23 Tahun
Dok, saya nyeri dada kiri, kanan dan tengah, namun dominan ke dada kiri dan kanan. Sudah kurang lebih 2 bulan ini. Sudah ke dokter umum, katanya saya maag akut. Karena belum sembuh, saya ke IGD dan di EKG jantung, hasilnya normal, dan dikasih obat2. Obat habis, saya kemarin ke dokter Sp.PD, karena pasien banyak, dokter langsung diagnosa saya asam lambung naik. Apakah wajar ketika maag/GERD mengalami nyeri dada kanan, kiri, dan tengah setiap hari dan nyerinya setiap saat (tidak hilang timbul) ?
213 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Nyeri dada menimbulkan rasa cemas dan takut terutama akibat serangan jantung yang dapat mengancam nyawa. Rasa sakit dapat dirasakan pada seluruh dada atau bagian tertentu misalnya kanan saja, kiri saja atau bagian tengah dada. 

Apa yang menyebabkan nyeri dada setiap saat ?

Anda yang mengalami nyeri seluruh dada dan setiap saat, tidak hilang timbul selama lebih 2 bulan dimana saat di EKG hasil dalam keadaan normal dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut :
  • Dispepsia atau maag yang memicu GERD dimana asam lambung merusak esofagus sehingga menimbulkan nyeri dada. Nyeri dada dapat dirasakan sepanjang hari terutama jika Anda makan makanan yang mengandung asam, pedas, kopi, soda dan terbiasa berbaring setelah makan serta stress yang tidak diatasi dengan baik sehingga memicu maag.
  • Sumbatan di pembuluh jantung. EKG bisa saja normal karena jantung masih kompensasi terhadap sumbatan yang ada dan belum terjadi gangguan atau kerusakan. Namun jika jantung sudah "lelah" maka EKG bisa menjadi tidak normal.
  • Gangguan pada paru.
Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan lengkap di dokter jantung berupa pemeriksaan fisik, darah, kolesterol, EKG berkala, rontgen atau treadmil jika diperlukan. Selain itu, Anda harus menjaga kesehatan, olahraga, konsumsi makanan sehat, jaga berat badan ideal.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
gerdserangan jantungdispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil