Nyeri Dada setelah Merokok

GA Info Penanya: GA, Pria, 2019 Tahun
Hallo dok saya galih umur 18 tahun saya baru sebulan merokok, semenjak saya merokok dada saya terasa kadang nyeri apa kah ada kendala di paru paru dok? jika benar bagaimana dok agar paru paru saya sehat kembali
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, G

Nyeri dada bisa diakibatkan gangguan pada beberapa organ, misalnya jantung, paru-paru, otot dan pencernaan.Pada saat anda merokok, asap yang anda hisap bersifat iritasi pada saluran nafas serta paru-paru. Asap tersebut bisa masuk juga ke saluran pencernaan terutama di lambung.

Radang pada paru-paru atau yang sering disebut bronkitis mengakibatkan keluhan batuk, nyeri dada atau sesak nafas.

Asap yang masuk ke lambung akan merangsang produksi asam lambung. Asap ditambah gas lambung akan mengakibatkan kembung. Bila lambung menjadi radang akibat iritasi asap rokok akan menyebabkan timbulnya nyeri daerah ulu hati dan bisa menyebar ke dada.

Paru-paru akan terkena dampak secara langsung dan jangka panjang bila anda merokok. Sebaiknya anda stop merokok agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut pada paru-paru

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri dada sebelah kanan juga bisa disebabkan karena asam lambung, stres, atau peregangan otot berlebihan

Nyeri Dada Sebelah Kanan, Ada Apa Gerangan?

Bukan penyakit jantung, penyebab lain nyeri dada sebelah kanan adalah asam lambung, pneumonia, pankreatitis, stres, atau karena peregangan otot yang berlebihan.