12 Mar 2021, 19:35Penyakit Lainnya

Apa yang menyebabkan nyeri dada kiri hilang timbul ?

RR
Info Penanya: RR0
Selamat malam dok, saya barusan saja mengalami nyeri dada bagian kiri. tepatnya dibagian atas, agak ketengah. kadang datang, alu jika digerak-gerak hilang sendiri, lalu datang lagi. kira-kira gejala penyakit apa ya dok ? Terimakasih sebelumnya
310 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, R.Nyeri dada secara tiba-tiba membuat setiap orang yang mengalaminya merasa cemas, terlebih keluhan sering dirasakan. Rongga dada terdiri dari kumpulan berbagai macam organ dimana salah satu gangguan pada organ dapat menyebabkan keluhan. Nyeri dada dapat dirasakan bertambah berat, menghilang secara perlahan, menetap maupun berpindah-pindah sesuai penjalaran nyeri.

Apa yang menyebabkan nyeri dada kiri hilang timbul ?

Keluhan nyeri dada kiri bagian atas hingga ke tengah hilang timbul yang Anda rasakan dimana keluhan hilang dengan sendiri namun datang kembali dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Suplai darah dan oksigen ke jantung menurun akibat adanya sumbatan berupa tumpukan plak, toksin akibat merokok, lemak jahat maupun gula yang tidak dikontrol dengan baik. Sumbatan ini dapat total maupun sebagian yang menimbulkan sensasi nyeri saat pasien sedang beraktifitas yang berkurang ketika pasien beristirahat (angina pektoris stabil). Selain itu keluhan nyeri dada dapat muncul saat pasien tidak melakukan apa-apa atau sedang tidur yang menetap hingga lebih dari 15 menit, menimbulkan rasa tercekik, keringat dingin, menjalar hingga ke leher dan lengan kiri yang disebut dengan angina pektoris tidak stabil.
  • Infeksi, penyempitan saluran nafas, peradangan di organ paru seperti asma, PPOK, bronkitis, TBC.
  • Peningkatan asam lambung yang mengiritasi kerongkongan (GERD).

Apa yang harus dilakukan saat nyeri dada ?

Yang harus Anda lakukan saat nyeri dada antara lain :
  • Tetap tenang, panggil bantuan.
  • Catat waktu terjadinya keluhan dan berapa lama.
  • Segera istirahat.
  • Tarik nafas panjang mencoba untuk tetap sadar.
  • Segera ke RS terdekat.
Anda harus mengubah pola hidup menjadi lebih sehat tanpa asap rokok, olahraga rutin, menjaga pola makan, medical check up di dokter spesilais penyakit dalam serta dokter lainnya.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
serangan jantungnyeri dadadispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil