Nyeri dada sebelah kiri seperti tertusuk

FS Info Penanya: FS, Pria, 2019 Tahun
Kenapa bagian dada sblh kiri (jantung) terkadang suka nyeri yg bgtu sakit terasa sprti tertusuk?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FS

Terimakasih atas pertanyaannya.

Nyeri dada sebelah kiri memang resiko tinggi disebabkan gangguan di jantung. Ciri khas nyeri jantung adalah nyeri seperti ditekan, tertimpa benda berat yang terasa di bawah tulang sternum (penghubung iga kiri dan kanan). Nyeri berlangsung terus menerus >20 menit. Bisa menjalar ke lengan kiri, leher, punggung atau ulu hati. Bila itu nyeri yang anda rasakan, sebaiknya evaluasi langsung ke RS untuk memastikan penyebabnya bukan dari jantung.

Penyebab lain bisa dari saluran pernafasan, seperti asma, infeksi paru, atau gangguan paru lainnya. Bisa juga dari saluran pencernaan, seperti maag, GERD, peradangan empedu, peradangan pankreas atau gangguan pencernaan lainnya.

Yang paling sering adalah gangguan otot dan sendi. Apakah sebelumnya anda beraktivitas berat seperti olahraga? Apakah nyeri bertambah / berkurang jika anda menekan dada anda?

Jika ada keraguan anda bisa evaluasi dengan Dokter Spesialis Jantung untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AD
24 Aug 2019, 03:25
Penanganan pertama gimana ya?

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

5 Penyebab Seseorang Meninggal Saat Tidur, Salah Satunya Diduga Dialami Cecep Reza

Cecep Reza meninggal dunia saat tidur. Salah seorang kerabat menduga bahwa penyebab Cecep Reza meninggal adalah karena terkena penyakit jantung. Tapi tahukah Anda Selain penyakit jantung, ada beberapa jenis penyakit lain yang dapat menyebabkan seseorang alami kematian mendadak.