13 Nov 2020, 21:37Jantung

Nyeri dan berdetak pada dada kiri

LP
Info Penanya: LP0
Malam dok Saya luvia umur 22 tahun, akhir2 ini saya sering menagalami detak pada dada sebelah kiri dengan setiap detakanya sakit sekalii, itu karena apa ya dok?
892 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, LP.Nyeri pada dada kiri adalah suatu kondisi yang mungkin terjadi karena beberapa penyebab, baik yang tidak mengancam nyawa hingga cukup serius. Sumber nyeri dapat berasal dari kulit, otot, tulang, ataupun organ dalam seperti pleura, paru-paru, dan jantung. Apabila nyeri disertai dengan detak jantung yang lebih keras dari biasanya atau tidak beraturan, maka kemungkinan besar bersumber dari jantung.

Jenis Penyakit Jantung

Ada beberapa jenis penyakit jantung yang mungkin dialami oleh wanita berusia 22 tahun seperti Anda, yaitu:

1. Angina Pectoris

Dikenal juga sebagai 'angin duduk', angina pectoris adalah rasa nyeri pada dada kiri yang dapat menembus ke punggung, dan menjalar ke bahu serta dagu. Kondisi ini disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah yang menuju jantung karena ada plak pada pembuluh darah. Biasanya, seseorang yang terpapar asap rokok, memiliki berat badan berlebih, atau sering mengonsumsi makanan cepat saji rentan mengalami angina pectoris.

2. Penyakit Jantung Bawaan

Terkadang, ada kelainan jantung yang terjadi sejak lahir, namun tidak menimbulkan gejala pada masa kanak-kanak. Seiring bertambahnya usia, beban jantung semakin memberat dan menimbulkan gejala-gejala seperti nyeri atau sesak napas.

3. Endocarditis

Adalah peradangan pada bagian dalam jantung, biasanya penyakit ini menimbulkan nyeri dada yang disertai dengan demam. Penyebab endokarditis adalah bakteri yang masuk ke jantung, dan kemudian berkembang biak di dalamnya. Untuk memastikan yang mana penyakit yang Anda derita, sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis jantung. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti EKG atau echocardiografi. Hasil pemeriksaan kemudian akan dievaluasi. Apabila memang ada penyakit jantung, maka Anda akan diberikan penanganan baik berupa obat atau tindakan. Tapi, apabila ternyata jantung Anda normal, bisa saja hal ini terjadi karena gangguan kecemasan dan akan dilakukan rujukan kepada psikiater. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penyakit jantungsakit jantungangin duduk
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil