Nyeri Dada Sebelah Kanan yang Berulang

ZA Info Penanya: ZA, Pria, 2019 Tahun
"dokter saya mau bertanya"kalau nyeri dada bagian kanan dan terjadi berulang2 itu kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, ZA

Nyeri dada kanan bisa terjadi karena beberapa hal, kemungkinan akibat sakit jantung lebih kecil karena letak jantung ada di sisi kiri. Organ dan jaringan lain bisa radang atau cedera, misalnya dari cedera otot, infeksi, stress, cemas dan kondisi lain yang tidak terkait jantung.

1. Stres atau Cemas

Pada saat serangan panik, gejalanya bisa menyerupai serangan jantung. Kejadiannya tiba-tiba atau bisa dipicu kejadian stres dan traumatis. Gejalanya antara lain : sesak nafas, nyeri dada, jantung berdebar-debar, pusing berputar, melayang, kesemutan tangan dan kaki, berkeringat, gemetaran dan pingsan

Nyeri dada saat panic attack dikarenakan nafas menjadi cepat atau dalam, sehingga dinding dada mengencang dan akhirnya menjadi nyeri. Nyeri bisa dirasakan di dada kiri atau kanan.

Cara mengatasinya dengan melatih menarik nafas yang dalam untuk mengurangi serangan paniknya

Anda sebaiknya periksa langsung dengan dokter bila ada tanda :

- nyeri yang semakin berat 

- merasa seperti ditekan atau diremas di dada.

- nyeri yang menjalar ke lengan, punggung, leher, rahang atau perut

- keringat dingin

- lemas, pusing atau mual

- sesak nafas

 

2. Otot Tegang

Cedera atau penggunaan otot berlebihan bisa mengakibatkan otot tegang sehingga mengakibatkan nyeri. Mekanismenya akibat penggunaan otot tubuh bagian atas secara intens atau posisi/gerakan yang melebihi biasanya. Nyeri otot juga bisa timbul secara bertahap karena cemas atau tegang. Cara mengatasinya dengan istirahat atau menggunakan obat anti nyeri yang dijual bebas.

  3. Cedera Benda Tumpul di Dada Benturan di dada bisa mengakibatkan robeknya otot di dada atau patah tulang iga. Gejala nyeri akan terasa semakin berat dengan batuk, bersin atau tertawa. sesak nafas, memar, bengkak dan nyeri bila disentuh. Paru-paru bisa menguncup akibat terjadinya trauma sehingga menyebabkan nyeri dan sesak nafas 4. Gangguan Saluran Pencernaan Rasa terbakar (heartburn) setelah makan, membungkuk, berolahraga atau saat berbaring di malam hari. Disebabkan karena naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selain nyeri dada akan dirasakan perasaan terbakar di kerongkongan, sulit menelan, makanan seperti tersangkut di kerongkongan, rasa asam/pahit di mulut. Salah makan mengakibatkan perut tidak nyaman, akan menimbulkan mual, kembung, nyeri dan panas di perut atas, atau begah. Refluks asam lambung kembali ke kerongkongan mengakibatkan heartburn, nyeri perut, sendawa, mulut pahit. Bila berulang 2x dalam seminggu bisa jadi itu tanda dari sakit GERD. Tanda lain dari GERD yaitu : nyeri tenggorokan, mulut pahit, panas, sulit menelan, batuk kering. 5. Gangguan Saluran Pernafasan Peradangan pleura (pembungkus rongga dada), mengakibatkan nyeri saat bernafas di dada, bahu dan punggung. Demam atau batuk bila peradangan akibat ada infeksi di paru-paru. Karena nyeri saat bernafas akibatnya nafas terasa sesak. Pneumonia adalah infeksi pada paru-paru, dengan gejala batuk bisa disertai dahak dan mengakibatkan nyeri. Selain itu disertai demam, sesak nafas, berkeringat, mual, muntah, mengigil dan diare

6. Kondisi Klinis lainnya 

peradangan sendi tulang iga

- peradangan kandung empedu atau pankreas

 

- infeksi herpes

- radang 

 

Segera konsultasi dengan Dokter bila nyeri telah berlangsung selama beberapa hari untuk memastikan penyebab dari nyeri dada. Sehingga dapat menentukan terapi yang sesuai. Semoga saran saya membantu.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rutin olahraga untuk jantung sehat dan tubuh selalu bugar.

Tips Latihan yang Efektif untuk Menyehatkan Jantung

Tubuh yang mudah lelah bisa disebabkan karena Anda kurang melatih jantung. Cobalah mulai olahraga untuk jantung agar sehat dan kuat.