03 Dec 2019, 12:47Penyakit Lainnya

Nyeri dada sampai ke punggung akibat mengangkat beban berat

IB
Info Penanya: IB0
Halo dokter, perkenalkan gw Bani. 1 bulan terakhir ini gw emang lagi banyak-banyaknya kerjaan. Sekarang gw ngerasa sakit bergerak dari dada ke punggung dok. Ga tahu penyebabnya apa, apa salah duduk atau emang jarang berolahraga. Emang kerjaan gw belakangan itu hanya angkat barang-barang berat sih. Kira-kira badan gw kenapa ya dok? Makasi sebelumnya.
39698 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, IBTerimakasih atas pertanyaan Anda. Nyeri dada merupakan suatu kondisi adanya rasa nyeri, seperti ditusuk atau tertimpa beban berat dan menyebar ke lengan, rahang, dan punggung. Penyebab nyeri dada paling sering adalah dari organ jantung. Penyebab lainnya berasal dari:
  • Gangguan pencernaan: asam lambung yang meningkat dapat menyebabkan nyeri dada dan nyeri ulu hati.
  • Gangguan otot dan tulang: infeksi, aktivitas yang berat yang menyebabkan nyeri dada.
  • Gangguan paru: emboli paru, efusi pleura.
  • Gangguan cemas berlebih dan serangan panik: kondisi kejiwaan yang menyebabkan pasien merasa nyeri dada dan sesak napas.
Perbedaan nyeri dada yang disebabkan oleh jantung atau tidak terletak di hasil pemeriksaan EKG (elektrokardiogram) yang merupakan suatu jenis pemeriksaan rekam jantung dengan tujuan mengetahui apakah aliran darah pada jantung terhambat atau tidak.Untuk mengatasi nyeri dada, Anda bisa mengatasinya dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Misal, jika nyeri dada akibat dari asam lambung yang meningkat, maka konsumsi obat penurun asam lambung. Jika karena gangguan cemas atau panik, Anda bisa mengelola kondisi cemas atau panik dengan latihan pernapasan, mengalihkan pikiran atau dengan mengonsumsi obat antidepresan setelah pemeriksaan dan evaluasi dokter. Untuk itu, Anda perlu periksa ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk mengetahui apa penyebab dari nyeri dada yang Anda alami, sehingga dapat ditatalakasana dengan tepat.Salam sehat,dr. Ester
penyakit paru-parupenyakit jantungnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil