Nyeri dada sebelah kiri karena apa?

HH Info Penanya: HH
Dok saya mau tanya, pacar saya, sakit dada sebelah kiri, kalo napas suka sakit dada nya, kenapa yah dok? ? dia 1 hari makan 2x, itu pun makan nya sedikit, trus suka makanan pedas,, apakah dari faktor itu dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HH,

Nyeri dada sebelah kiri adalah keluhan yang bisa timbul karena beberapa penyebab seperti gangguan pernapasan, gangguan lambung, gangguan jantung, ataupun penyebab lainnya. Jadi jika pola makan kurang baik ada kemungkinan lebih pada gangguan lambung dan saluran pencernaan.

Ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter agar diketahui apa penyebab nyeri dada dan dilakukan penanganan yang tepat. Harus juga perbaiki pola makan dan hindari makanan yang menimbulkan iritasi seperti makanan pedas, asam, berminyak ataupun minuman berkafein seperti kopi dan minuman bersoda.

Bisa konsumsi antasida 15 - 30 menit sebelum makan dan makan lebih sering agar tidak memicu keluhan. Jika nyeri hebat, napas terasa sesak dan ada bunyi napas tambahan seperti bunyi ngik-ngik maka perlu segera mendapatkan penanganan. Nantinya juga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan jika diperlukan.

Jika terus dibiarkan dapat berisiko memicu risiko adanya luka pada dinding lambung yang bisa membuat keluhan lain seperti rasa begah, rasa tidak nyaman setelah makan, ataupun bisa memicu gangguan kesehatan yang lebih serius. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Naiknya asam lambung saat maag dapat membuat saluran udara menyempit sehingga menimbulkan asma

Menelisik Hubungan Sakit Maag dengan Asma

Beberapa teori menunjukkan bahwa maag dan asma (GERD) memiliki hubungan. Salah satu teorinya menyebutkan naiknya asam lambung saat maag dapat membuat saluran udara menyempit sehingga menimbulkan asma.