05 Sep 2021, 00:03Penyakit Lainnya

Apa saja penyebab nyeri dada?

NK
Info Penanya: NK, Wanita, 21 Tahun
Hai dok, izin bertanya. Saya perempuan usia 22th, waktu usia saya 17th saya pernah sakit tipes+asam lambung dan sejak saat itu saya jadi sering sakit nyeri dada. Rasanya cenut² entah itu disebelah kiri (dominan), kanan atau tengah. Gejala lain: Cemas dan nyeri nya hilang timbul. 0h iya dok, munculnya nyeri dada ini terkadang muncul pada saat saya cemas, setres, sedih dan pada saat saya sakit/capek. Apakah keluhan saya diatas ada kaitanya dgn jantung dan paru? Mohon penjelasnnya dok??
186 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, NTerima kasih atas pertanyaan AndaNyeri dada adalah keadaan yang bsia dirasakan secara tiba-tiba atau menetap dalam kurun waktu tertentu. Keluhan ini juga bisa terjadi disertai dengan gejala penyerta seperti sesak napas, mual, muntah, keringat dingin dan atau tanpa disertai dengan gejala penyerta lain. Nyeri dada juga bsia terjadi baik pada pria ataupun wanita di segala usia.

Di bawah ini adalah beberapa kemungkinan penyebab nyeri dada:

  • Cedera otot dan atau tulang penyusun rongga dada
  • Penyakit paru, biasanya di sertai dengan sesak napas, napas berbunyi ngik-ngik, batuk dan lain sebagainya
  • Penyakit jantung, biasanya disertai dengan berdebar-debar, kesulitan bernapas, nyeri menjalar hingga lengan kiri dan leher, dan lain sebagainya
  • Kondisi psikologis sepert pada serangan panik, kecemasan, stres
  • Masalah pencernaan seperi naiknya asam lambung ke kerongkongan (GERD), sakit maag, dan lain sebagainya. Keluhan yang disebabkan karena pencernaan ini biasanya disertai dengan kebiasaan makan tidak teratur, sering konsumsi makanan pedas dan makanan / minuman yang bisa memicu peningkatan asam lambung
Perkait dengan apa yang Anda tanyakan, untuk emamstikan apakah penyebab nyeri dada yang terjadi pada Anda, maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Untuk cek risiko penyakti jantung, Anda bisa melakukan pengisian kuesioner pada tautan berikut ini. Bial keluhan ini dirasakan berulang, lakukanlah pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk mendapatkan pengobatan dan tatalaksana yang sesuai dengan penyebab dan konsisi Anda. Konsumsi makanan bergizi, hindari makanan yang bisa memicu peningkatan asam lambung, atasi stres, istirahat cukup, dan hindari kelelahan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
asam lambungpenyakit jantunggerdnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil