25 May 2021, 09:03Penyakit Lainnya

Kenapa nyeri dada hilang dan timbul?

MS
Info Penanya: MS0
Selamat Pagi, Saya mengalami sakit di dada (atas payudara) sebelah kanan dan kiri. sakitnya tidak terus menerus, melainkan hilang timbul. saya masih bisa beraktifitas, tetapi jika kambuh, maka sakitnya akan terasa sampai ke tulang2 selangka saya. Rasanya linu dan seperti di tusuk2 jarum. hal ini sudah berlangsung hampir 2 minggu. Kira2 ini kenapa ya Dok? Apakah saya perlu segera ke dokter?
298 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, MSTerima kasih atas pertanyaannya.Nyeri dada dapat terjadi karena faktor seperti kram otot hingga adanya penyakit yang mendasari nyeri dada.  Nyeri dada dapat bersifat seperti ditusuk, tertekan, menjalar hingga nyeri yang membuat sulit mengambil napas. 

Penyebab nyeri dada :

  • Tarikan otot dada sehingga timbul kram otot yang dapat terjadi karena gerakan yang tiba-tiba atau sering mengangkat barang berat.
  • Infeksi di pernapasan jika disertai dengan batuk, flu, radang tenggorokan serta sesak napas.
  • Faktor hormonal saat stres, tanda mau haid, penggunaan KB hormonal, kehamilan dan menyusui.
  • Asam lambung yang naik atau GERD sehingga membuat gas asam lambung naik hingga kerongkongan yang membuat penekanan pada diafragma dada sehingga dada terasa berat dan sesak napas.
  • Kelainan di jantung dengan keluhan yang disertai dengan detak jantung tidak teratur, nyeri dada menjalar dari rahang hingga ke lengan.
  • Faktor psikologis seperti stres, cemas berlebihan, serangan panik, depresi.
Bila hal ini membuat aktivitas anda terganggu dan tidak membaik dengan istirahat maka ada baiknya periksa ke dokter spesialis penyakit dalam untuk tindakan lanjutan. Sementara ini anda dapat membatasi makanan dan minuman berpengawet, gorengan, tinggi MSG, pedas, serta berkafein, lalu perbanyak air putih, hindari begadang dan kelola stres, kompres handuk hangat dan minum parasetamol untuk meredakan nyeri. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidsakit jantungkram ototinfeksi saluran pernapasangerdnyeri dadagangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil