24 Dec 2020, 00:59Pernapasan

Penyebab nyeri dada bagian kiri setelah bangun tidur

LK
Info Penanya: LK0
Hal odokter saya mau bertanya, bbrp hari lalu saya bangun tidur trus merasa nyeri didada kiri. Sampe skarang masih nyeri hingga dibuat miring kekanan saat tidur terasa nyeri. Tp sekarang tidak se-nyeri saat pertama terkena. Saya sudah konpres dg air dingin jg, knp ya dok?
1703 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo LK,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Nyeri dada memberi rasa cemas bagi penderitanya. Rongga dada terdiri dari banyak organ, termasuk jantung, paru-paru, dan hati. Masalah di jantung, akan memberikan sebuah gambaran nyeri dada terutama sebelah kiri, diikuti dengan rasa tertimpa beban yang sangat berat, sehingga kesulitan bernafas dan rasa tercekik, yang menjalar ke punggung dan lengan kiri. Saat muncul serangan, maka penderita akan mengeluarkan keringat yang banyak. Serangan ini dapat berlansung lebih dari 15 menit baik saat sedang beraktifitas maupun saat istirahat. Penderita yang mengalami serangan jantung harus segera dibawa ke RS untuk dilakukan pemeriksaan EKG dan penanganan lebih lanjut.

Penyebab nyeri dada bagian kiri setelah bangun tidur

Selain karena serangan jantung, penyebab nyeri adda bagian kiri dapat dikarenakan :
  • Nyeri otot dada akibat kontraksi otot. Ini bisa disebabkan posisi tidur salah. Kebiasaan duduk yang terlalu lama juga dapat menyebabkan nyeri otot, terutama dada dan punggung.
  • Masalah di paru-paru akibat penyakit TBC, serangan asma bronkiale, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), pneumonia dapat memberikan gejala nyeri di dada serta sesak nafas.
  • Rasa cemas, ketakutan, emosi, marah, panik akan meningkat detak jantung sehingga membuat rasa tidak nyaman di dada.
  • Penjalaran nyeri dari lambung akibat peningkatan asam lambung akan memberikan sensasi terbakar di dada serta rasa asam dan pahit di mulut. Ini disebabkan oleh penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD).
Jika keluhan nyeri dada yang Anda rasakan tidak kunjung membaik dan diikuti tanda seperti serangan jantung, Anda harus segera ke dokter. Anda dapat mengkonsumsi obat nyeri untuk mengurangi gejala seperti parasetamol 3x500 mg diminum setelah makan. Lakukan pijatan ringan pada area dada yang sakit serta punggung untuk merelaksasi otot. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat, dengan berolahraga secara teratur.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
gerdserangan jantungangin duduk
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil