27 Nov 2020, 14:13Penyakit Lainnya

Waspada serangan jantung, penyebab nyeri dada.

RS
Info Penanya: RS0
Maaf dok mau tanya dada saya terasa nyeri di bagian tengah akibat apa ya dok tapi untuk pernafasan tidak terganggu
263 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo RS,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Nyeri dada dapat dialami oleh siapa saja, dan dapat membuat orang yang mengalami khawatir. Karena ada beberapa organ di dalam rongga dada, maka harus dicari terlebih dahulu penyebabnya sehingga keluhan dapat diatasi. 

Penyebab nyeri dada

Gejala serangan jantung adalah dada seperti terhimpit beban berat, rasa nyeri menjalar ke rahang, serta lengan kiri. Rasa nyeri disertai rasa tercekik dan sakit di rahang. Penderita serangan jantung juga dapat mengeluarkan keringat yang banyak di seluruh tubuh. Serangan dapat terjadi lebih dari 15 menit.
  • GERD
GERD adalah singkatan dari gastroesophageal refux disease. GERD ini disebabkan karena perlukan esofagus oleh cairan asam lambung yang naik. Kerusakan esofagus juga dapat disebabkan oleh kelemahan pada otot yang menutupi esofagus dan organ lambung. Kebiasaan berbaring setelah makan juga dapat memperparah kondisi. Gejala yang dialami dapat berupa rasa panas, nyeri, terbakar pada ulu hati, rasa asam dan pahit di mulut, mual dan muntah. Gejala ini dapat membaik dengan pemeberian obat magh.
  • Infeksi saluran nafas
Nyeri pada dada juga dapat diakibakan oleh infesksi saluran nafas, karena dapat menyebabkan penyaluran udara menuju dan keluar paru-paru terganggu. Sehingga menimpulkan perasaan sesak dan tidak enak di dada.
  • Trauma
Trauma dan benturan di dada dapat membuat dada terasa nyeri. Kompres dingin pada daerah benturan untuk mengurangi nyeri dan bengkak.Untuk mengatasi rasa nyeri di dada Anda, cari tahu terlebih dahulu penyebabnya, dan atasis sesuai dengan penyebabnya. Anda dapat mengkonsumsi obat magh seperti antasida sebelum makan, jika nyeri yang dirasakjan berasal dari lambung Anda. Ubah pola makan sedikit tapi sering.Jika keluhan nyeri dada mengarah ke serangan jantung, segera ke dokter untuk dilakukan rekam jantung. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
gerdserangan jantungdispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil