02 Nov 2020, 18:03Jantung

Nyeri dada apa akibat marah-marah?

PD
Info Penanya: PD0
saya saat berkegiatan padat atau sedang marah sering nyeri dada seperti ditusuk tusuk sebelah kiri disertai pusing dan punggung hingga tangan terasa pegal, nyeri jika dibiarkan bisa berjam jam lamanya. biasanya saya minum ibuprofen saja untuk mengurangi nyeri tsb.
293 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang PD,Nyeri dada adalah salah satu keluhan yang perlu diwaspadai terlebih bila usia Anda sudah diatas 30 tahun, karena perlu diwaspadai adanya sumbatan pembuluh darah jantung atau yang disebut dengan jantung koroner.Perihal keluhan Anda yang merasa nyeri dada, disertai dengan pusing dan nyeri pada punggung hingga tangan terasa pegal ketika sedang marah maka hal tersebut wajar saja dialami. Ketika Anda marah, maka tubuh akan mengeluarkan hormon yang menyebabkan pembuluh darah jantung menyempit. Ketika pembuluh darah jantung ini menyempit maka pasokan oksigen untuk jantung menjadi berkurang, hal inilah yang akan menyebabkan timbul keluhan nyeri dada. Selain itu tekanan darah tinggi akan menimbulkan pusing.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengendalikan amarah Anda agar tidak sering muncul keluhan nyeri dada dengan cara:

  • Kendalikan emosi Anda.
  • Atur napas Anda dengan cara menarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan, ulangi hal ini sampai Anda merasa lebih tenang.
  • Segera minum segelas air untuk membantu menenangkan amarah Anda.
  • Sadari bahwa tidak semua hal akan berjalan sesuai dengan kemauan Anda.
  • Minum paracetamol bila ada keluhan nyeri dada. Pemakaian ibuprofen secara terus menerus dapat mengganggu lambung Anda.
Bila keluhan nyeri dada sering terjadi, maka sebaiknya lakukan rekam jantung atau foto rontgen untuk memastikan kondisi Anda.Salam sehat,dr. Vina
penyakit jantung koronernyeri dadamanajamen amarah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil