Nyeri dada kiri dan kaku di bagian pundak

IR Info Penanya: IR
Assalamu'alaikum dok, saya indah berusia 20 thn, saya mengalami keluhan kaku dan nyeri perih di dada sebelah kiri, di sertai kaku di bagian pundak dan leher sebelah kiri, terkadang bagian ketiak dan jari tangan sebelah kiri juga nyeri perih dok, keluhannya sudah saya rasakan sejak bulan Maret lalu dan terasa memberat di seminggu terakhir dok. Keluhannya terasa baik saat istirahat maupun beraktifitas dok, sejak bulan Maret tidak ada rasa membaik atas keluhannya dok.Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IR,

Keluhan nyeri di bagian kiri tubuh baik pada dada, ketiak, bahu atau sakit pundak bisa disebabkan beberapa penyebab. Bisa disebabkan oleh gangguan otot, peradangan sendi, nyeri otot atau myalgia, radang otot kronis, gangguan tulang belakang, ataupun bisa disebabkan gangguan saraf disekitar organ tersebut.

Jika keluhan sudah beberapa bulan dirasakan, ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis saraf untuk memastikan apa yang jadi penyebabnya. Untuk sementara bisa diatasi dengan beberapa cara sepreti:

  • Mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen
  • Melakukan peregangan pada bagian yang dirasa nyeri
  • Mengompres bagian yang nyeri dengan air hangat
  • Gunakan obat pereda nyeri atau pelemas otot seperti balsem otot, krim diklofenak ataupun pereda nyeri lain
  • Perhatikan pola makan dan asupan makan
  • Lakukan relaksasi dengan pijatan ringan atau mandi air hangat 

Jika keluhan nyeri kronis tidak membaik, perlu dilakukan pemeriksaan baik wawancara mengenai keluhan yang dialami, pemeriksaan fisik, dan juga pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan laboratorium darah, pemeriksaan rontgen ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Penangananya sendiri nantinya selain dengan pengobatan juga bisa dilakukan fisioterapi jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri dada tengah sampai ke punggung dapat disebabkan banyak penyakit.

Nyeri Dada Tengah Sampai Punggung, Waspadai 12 Penyakit Ini!

Nyeri dada tengah sampai punggung dapat menandakan berbagai macam penyakit. Ketahui berbagai penyebab nyeri dada ini agar dapat segera ditangani dokter.