Rasa menusuk di dada kanan saat menarik napas, apakah pleuritis?

AN* Info Penanya: AN*
Halo dok, klo menarik nafas dalam sebelah kanan rasa menusuk di dada kanan itu penyebab sma solusi agar hilang gmana dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DS.

Pleuritis adalah peradangan yang terjadi pada pleura, yaitu selaput tipis yang menyelimuti paru-paru. Pleuritis biasanya menimbulkan gejala khas yang disebut nyeri pleuritik, yang biasanya digambarkan sebagai rasa nyeri menusuk saat menarik napas. Selain itu, gejala lain seperti nyeri dada, demam, ataupun batuk juga seringkali dialami. 

Penyebab Pleuritis

Pleuritis biasanya terjadi apabila seseorang mengalami penyakit tertentu, baik pada paru maupun organ lainnya. Beberapa contohnya adalah:

  • Tuberkulosis paru
  • Pneumonia
  • Trauma fisik, misalnya benturan atau luka terbuka pada dinding dada
  • Lupus eritomatosus sistemik
  • Limfoma
  • Anemia sel sabit
  • Penggunaan obat golongan tertentu

Untuk memastikan kondisi pleuritis, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis paru. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan, seperti rontgen, USG thorax, ataupun analisis cairan pleura (apabila di rongga pleura terdapat efusi).

Setelah diketahui penyebab pastinya, dokter akan menangani sesuai dengan penyebabnya. Misalnya, dengan memberikan obat antituberkulosis pada pleuritis yang disebabkan oleh TB paru. Kemudian, akan diberikan juga obat-obat untuk meringankan gejala, seperti antiradang atau obat untuk menekan batuk.

Ke depannya, selalulah jaga kesehatan paru dengan cara menghindari merokok. Hindari juga asap, debu, dan polusi dari sumber lainnya. Usahakan udara yang dihirup selalu bersih, terutama udara di dalam rumah. Gunakan air purifier apabila diperlukan.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar hasilnya maksimal, Anda sebaiknya beristirahat dengan cukup, sebelum menjalani tes medical check up

Anda Gagal Tes Medical Check Up? Ketahui Penyebabnya Berikut Ini!

Tes medical check up adalah pemeriksaan yang bertujuan memastikan kondisi kesehatan calon karyawan. Ada beberapa penyakit yang dapat membuat tes medical check up gagal, seperti Hepatitis B, Hepatitis C, HIV/AIDS, TBC, Efusi Pleura, Malaria, dan Kondisi kejiwaan atau neurologis.