Nyeri dada saat berolahraga

SU Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Kenapa saya suka merasakan nyeri dada pada saat berolahraga? Apa hal itu norm? Karena saya juga jarang berolahraga
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Olahraga adalah kegiatan atau aktivitas fisik yang memiliki beragam jenis dan manfaat yang baik untuk tubuh, selain baik untuk menjaga tubuh tetap bugar, olahraga juga mampu menjaga kesehatan mental seperti menghilangkan stres dan menyegarkan pikiran.

Meskipun begitu tidak jarang ada gangguan ataupun keluhan yang terjadi saat melakukan olahraga seperti misalnya terjadi cedera ataupun keluhan lain seperti misalnya rasa pegal, sampai nyeri dada. Nyeri dada saat berolahraga sendiri bisa terjadi karena beberapa kemungkinan penyebab seperti:

  • Kelelahan
  • Melakukan olahraga melebihi kapasitas tubuh
  • Otot yang tegang
  • Gangguan kesehatan seperti masalah pencernaan, masalah saluran napas sampai gangguan jantung

Untuk itu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum berolahraga seperti melakukan pemanasan, cukupi kebutuhan cairan, mulai olahraga dari intensitas ringan dulu terutama jika jarang berolahraga, jangan memaksakan melanjutkan olahraga jika nyeri dada timbul, kompres dengan air hangat di area yang nyeri.

Jika timbul tanda bahaya seperti nyeri dada makin berat, rasa seperti tertindih benda berat, keringat dingin, timbul nyeri menjalar di bahu kiri, rasa kesemutan di sekitar dada leher sampai punggung, adanya mual atau muntah maka perlu segera diperiksaan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Upayakan rutin berolahraga dimulai dari intensitas ringan lalu bertahap ke intensitas yang lebih tinggi sehingga tubuh mampu beradaptasi dan tidak terbebani sehingga bisa mendapatkan manfaat dari olahraga yang dilakukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengecilkan lengan tangan dapat dilakukan untuk menghilangkan gelambir yang tidak diinginkan

Cara Mengecilkan Lengan Tangan yang Bergelambir

Umumnya, masyarakat memercayai bahwa latihan-latihan tertentu dapat digunakan sebagai cara mengecilkan lengan tangan. Namun, faktanya, cara mengecilkan lengan tangan adalah mengkombinasikan olahraga dan pola makan untuk menurunkan kadar lemak Anda.