Nyeri dada sebelah kiri dan berpindah, apa penyebabnya?

SB Info Penanya: SB, Wanita, 16 Tahun
Saya mau tanya,dada saya sering sakit di bagian kiri,tapi sakitnya pindah2 kadang du kiri atas kiri depan kiri bawah,tapi akhir2 ini sakitnya bisa di tengah dada bisa juga ke dada kanan dekeat ketiak baru saya juga sering ngerasain sakit di bagian lengan tangan kiri biasanya di daerah jempol dan pergelangan,kadang saja juga ngerasain ketika saya bernapas ransya aneh,saya juga sering mual,dan pusing di bagain kepala kiri.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SB,

Nyeri dada sebelah kiri adalah keluhan yang bisa timbul karena beberapa penyebab dimana yang paling sering apalagi pada remaja adalah sakit maag dan asam lambung. Keluhannya bisa rasa nyeri di dada, sakit ulu hati, ataupun sesak.

Kondisi ini sering kali dipicu oleh kebiasaan sehari-hari seperti makan yang tidak teratur, lebih senang makanan yang pedas dan asam atau jajanan sehingga memicu iritasi lambung, konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan soda.

Kebiasaan sehari-hari ini juga bisa meningkatkan risiko terjadinya sakit kepala  ataupun keluhan lain seperti mual, kembung, pusing sampai pingsan. Jadi perlu dilakukan beberapa upaya untuk mengatasinya seperti:

  • Perbaiki pola makan, makan lebih teratur dengan lebih sering makan tapi porsi kecil
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari makanan yang bisa memicu keluhan lambung seperti makanan pedas, bersantan, makanan yang asam ataupun minuman yang berkafein
  • Istirahat dengan baik dan tidur 7-8 jam sehari
  • Hindari terlalu banyak pikiran atau stres

Jika keluhan tidak juga membaik bisa minta obat sakit maag pada orang tua seperti antasida dan dikonsumsi sebelum makan, apabila sakit kepala lebih berat bisa juga minum parasetamol setelah makan.

Jika tidak juga membaik atau sering kali kambuh ceritakan keluhan pada orang tua, agar dapat diperiksakan secara langsung pada dokter dan diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Luka pada lambung dan maag dapat menjadi penyebab dari muntah darah

Muntah Darah karena Maag, Apa Penyebabnya?

Muntah darah adalah kondisi muntah bercampur darah atau hanya darah saja. Muntah darah karena maag ditandai dengan warna darah kecokelatan akibat luka pada lambung.