Nyeri dada kanan saat menarik napas, apa penyebabnya?

MM Info Penanya: MM
Kenapa saya terkadang merasa nyeri di dada kanan bagian dalam ketika hendak menarik nafas?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MM.

Nyeri dada merupakan sensasi nyeri yang dapat terasa seperti tertimpa, ditusuk, ataupun nyeri yang menyebar pada bagian tubuh disekitarnya seperti rahang, lengan dan punggung. Umumnya nyeri dada disebabkan oleh organ-organ di sekitar rongga dada dan struktur pembentuk rongga dada, seperti organ jantung, organ paru-paru, tulang rusuk dan tulang rawan serta otot dada. Namun keadaan gangguan psikis pun dapat menjadi salah satu faktor seperti gangguan kecemasan.

Terkait dengan keluhan nyeri dada kanan yang Anda alami, dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini :

  • peregangan otot dada yang berlebihan
  • heartburn pada GERD
  • pneumonia
  • cedera karena trauma 
  • kostokondritis
  • kolesistitis
  • pankreatitis
  • stres atau kecemasan

Karena pada Anda, nyeri dada yang dirasakan terjadi terutama saat menarik napas, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan rontgen dada untuk melihat kondisi organ dalam khususnya paru-paru, agar dapat  menghilangkan kemungkinan adanya infeksi seperti pneumonia atau gangguan lain nya yang berhubungan seperti cairan yang terkumpul pada selaput pembungkus paru-paru atau efusi pleura.

Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Spesialis Penyakit Dalam atau dokter Spesialis Paru untuk mengarahkan kemungkinan diagnosis dan penyebab dari keluhan yang dialami setelah dilakukan pemeriksaan secara langsung.

Untuk sementara Anda dapat mengurangi dulu aktivitas yang berlebih, konsumsi air rebusan jahe hangat untuk membantu mengurangi kekambuhan gejala nyeri.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya rokok elektrik atau vape tidak bisa diremehkan, karena bisa merusak paru-paru hingga otak

Tetap Berbahaya, Ini Dampak Rokok Elektrik untuk Kesehatan

Rokok elektrik tetap berbahaya untuk kesehatan. Bahayanya adalah meningkatkam tekanan darah, menimbulkan gangguan pada otak, menimbulkan penyakit paru, hingga membahayakan orang sekitar Anda.